Konsesi ZEE untuk Vietnam Bisa Bikin Nelayan Tak Berlayar

  • Oleh : Naomy

Minggu, 23/Okt/2022 13:50 WIB
Ilustrasi (dok) Ilustrasi (dok)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemberian konsesi kepada Vietnam dalam perundingan penetapan batas ZEE Indonesia-Vietnam bisa membuat nelayan tak berlayar alias menganggur.

Seperti diketahui, perundingan penetapan batas ZEE antara Indonesia dan Vietnam telah berlangsung selama 12 tahun. 

Baca Juga:
SPSL Jaga Keberlanjutan Lingkungan dan Berdayakan Masyarakat Lewat Program Teman Nelayan

Selama ini Indonesia dan Vietnam telah menyelenggarakan 15 kali perundingan, namun hasilnya belum menemukan 
tanda kejelasan terhadap wilayah laut Indonesia yang merupakan bagian integral kedaulatan Negara Kesatuan Republik dan juga berdasarkan UNCLOS 1982.

Serikat Nelayan Indonesia (SNI) menyampaikan sikap penolakan terkait masalah perundingan batas ZEE Indonesia-Vietnam.

Baca Juga:
Jawab Nelayan, Menhub Konsolidasi Perbaikan Pelabuhan Perikanan di Lamongan

SNI menilai pemerintah seolah tidak berdaya untuk mengambil sikap dan keputusan dalam perundingan penetapan batas ZEE dengan Vietnam. 

"Kami tegas menolak pemerintah memberikan konsesi kepada Vietnam, dan berharap pemerintah Indonesia sebagai negara kepulauan seharusnya mempunyai peran strategis,' jelas Sekretaris Jenderal SNI Budi Laksana dalam keterangan yang diterima BeritaTrans.com, Ahad (23/10/2022).

Baca Juga:
IPC TPK Pertahankan Capaian SNI Award 2023

Menurutnya konsesi itu akan berdampak negatif pada nelayan dan sangat merugikan kepentingan nelayan.

“Jika Indonesia mengalah dan kalah dalam perundingan Indonesia dan Vietnam maka nelayan Indonesia akan kehilangan pekerjaannya. Jika merujuk pada tahun 2021 nelayan Vietnam sudah menjajah laut Indonesia dengan melakukan pencurian ikan dengan 39 perahu nelayan Vietnam yang ditangkap terutama di Laut Natuna Utara, dan kemungkinan ini masih banyak kapal-kapal Vietnam berkeliaran," bebernya.

Belum lagi jika konsesi itu diberikan kepada negara Vietnam maka nelayan akan menyempit wilayah tangkapnya.

Nelayan Indonesia sebagai penyumbang protein bagi jutaan masyarakat kata dia, akan menjadi hilang kepercayaannya jika sampai konsesi ZEE Indonesia diberikan kepada Vietnam.

Untuk Pertemuan Teknis ke-16 penetapan batas ZEE antara Indonesia dan Vietnam direncanakan akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam pada paruh kedua Oktober 2022. 

"SNI tegas menyerukan 
dan menyatakan, menolak konsesi ZEE Indonesia untuk Vietnam, lindungi dan penuhi wilayah tangkap nelayan Indonesia di ZEE Indonesia, libatkan nelayan Indonesia sebagai terdepan dalam menjaga wilayah kedaulatan NKRI," pungkas Budi. (kmy)