Menjadi Stasiun Tujuan, 15 Ribu Lebih Penumpang KRL Turun di Tanah Abang dan Bogor

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 23/Okt/2022 16:03 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perjalanan Commuterline Jabodetabek di libur akhir pekan ini terpantau lancar. KAI Commuter mencatat jumlah penumpang yang naik commuter Jabodetabek hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 234.556 orang. 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, hari ini Ahad (23/10/2022)  Stasiun Bogor merupakan stasiun dengan angka keberangkatan pengguna tertinggi, sebanyak 14.357 orang yang naik commuterline dari stasiun tersebut. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Stasiun Tanah Abang merupakan stasiun tujuan pengguna dengan angka tertinggi yaitu sejumlah 15.585 orang," beber Anne dalam keterangan resmi, Ahad (23/10/2022).

Stasiun Bogor dan Stasiun Jakarta Kota juga sebagai stasiun tujuan pengguna pada libur akhir pekan ini. Terdapat 15.308 pengguna commuterline yang turun di Stasiun Bogor dan 9.490 pengguna yang turun di Stasiun Jakarta Kota. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

"Tercatat sebanyak 5% persen atau sebanyak 12.190 orang dari total pengguna commuterline hari ini adalah pengguna musiman yang memanfaatkan libur akhir pekan dengan menggunakan transportasi commuterline," ujar Anne.

Dijelaskan Anne, tercatat, tren kenaikan rata-rata pengguna harian sepanjang bulan Oktober 2022 ini. Sebanyak 690.753 orang perhari, angka tersebut naik 1 % jika dibanding rata-rata volume harian pada bulan September 2022 kemarin dengan volume tertinggi pada Senin, 10 Oktober lalu yaitu 784.634 orang. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Untuk itu, KAI Commuter mengajak seluruh pengguna untuk selalu ikuti arahan dan aturan saat menggunakan commuterline. Bagi penumpang yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 cm sudah diwajibkan untuk membeli tiket. 

Anak juga diiumbau untuk menghindari jam-jam ramai pengguna pada hari libur yaitu pukul 10.00 – 17.00 WIB. "Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan," sambung Anne.

Dengan tren penambahan jumlah pengguna Commuterline Jabodetabek, KAI Commuter mengajak untuk selalu rencanakan perjalanan dengan cermat. KAI Commuter juga mengimbau selalu gunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi Commuterline yang akan dinaiki secara real time.

Anne juga kembali mengingatkan, beberapa hari terakhir di wilayah Jabodetabek turun hujan, pengguna agar untuk membawa payung, jas hujan, dan tidak menggunakan alas kaki yang licin. Petugas kebersihan selalu siaga membersihkan stasiun dan kereta apabila terdapat genangan air dan lantai yang licin.(fhm)