3 Pimpinan Partai Terbesar, Survei SMRC: Prabowo Subianto Menang Satu Putaran Jika Lawan Puan Maharani dan Airlangga Hartarto

  • Oleh : Dirham

Senin, 24/Okt/2022 08:50 WIB
Hasil survei SMRC menunjukkan Prabowo Subianto bisa menang satu putaran jika melawan Puan Maharani dan Airlangga Hartarto dalam pemilihan presiden (pilpres). Hasil survei SMRC menunjukkan Prabowo Subianto bisa menang satu putaran jika melawan Puan Maharani dan Airlangga Hartarto dalam pemilihan presiden (pilpres).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Prabowo Subianto bisa menang satu putaran jika melawan Puan Maharani dan Airlangga Hartarto dalam pemilihan presiden (pilpres). Ini menunjukkan peta persaingan 3 partai terbesar Indonesia.

Prabowo dipilih oleh lebih dari 50% responden. Direktur Riset SMRC, Deni Irvani memaparkan, dalam simulasi tiga nama dari kategori pimpinan partai politik, Prabowo mendapatkan dukungan 54,9%. Angka itu jauh mengungguli Puan yang didukung 10,6% dan Airlangga 8,8% suara. 

"Jika pemilihan presiden diadakan sekarang dan hanya diikuti oleh pimpinan tiga partai terbesar, Prabowo akan menang dalam satu putaran," kata Deni dalam pemarapan hasil survei SMRC bertajuk "Anies Bisa Mengalahkan Prabowo?" yang dirilis, Minggu (23/10/2022). 

Deni menjelaskan, sosok yang bisa menjadi calon presiden (capres) adalah mereka yang diusung oleh partai politik. 

Sementara ada kecenderungan di kalangan partai politik terbesar, PDIP, Golkar, dan Gerindra untuk mengusung pimpinan mereka sebagai calon presiden. 

"Maka mengamati elektabilitas pimpinan-pimpinan partai menjadi penting," ujarnya.

Untuk diketahui, survei dilakukan secara tatap muka pada 3-9 Oktober 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1.220 responden. Response rate sebesar 1.027 atau 84%. 

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ±3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling). (ds/sumber Sindonenews.com)