Spektakuler, Bandara Soekarno-Hatta Tersibuk ke-8 di Dunia di Tengah Pemulihan Penerbangan

  • Oleh : Naomy

Rabu, 26/Okt/2022 20:21 WIB
Suasana di Bandara Soekarno-Hatta Suasana di Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Spektakuler, Bandara Soekarno-Hatta kelolaan PT Angkasa Pura II tercatat sebagai  bandara tersibuk ke-8 di dunia.

Ini menunjukkan pemulihan lalu lintas penerbangan nasional yang kuat di tengah pandemi dan mulainya pemulihan. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

FlightsFrom.com yang berbasis di Swedia merilis daftar 100 bandara tersibuk di dunia berdasarkan jadwal keberangkatan penerbangan, menggunakan data terbaru per 21 Oktober 2022. 

Berdasarkan data tersebut, Bandara Soekarno-Hatta memiliki jadwal keberangkatan penerbangan sebanyak 535 penerbangan setiap harinya, sehingga menempatkan bandara terbesar di Indonesia ini berada di peringkat ke-8 dunia, ke-3 di Asia dan ke-1 di kawasan ASEAN. 

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan, data ini menunjukkan pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta berada di jalur yang tepat dan pihaknya selaku operator bandara mampu dengan baik mengakomodir tumbuhnya permintaan penerbangan. 

“Kolaborasi yang erat antara AP II dan seluruh stakeholder, serta berkat dukungan regulator, membuat kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional tetap terjaga di tengah pandemi," ujarnya, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga:
Penumpang di Puncak Arus Balik di 20 Bandara Angkasa Pura II Tembus 309.477, Operasional dan Layanan Lancar

Hal ini turut mendorong pemulihan lalu lintas penerbangan di bandara-bandara AP II, khususnya Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan terbesar di Indonesia.

Selain itu juga membuat sektor penerbangan nasional dapat optimal mendukung penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

“Pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dimulai Desember 2021, dan saat ini tingkat pemulihan (recovery rate) di Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 80%, menandakan pergerakan penerbangan sudah 80% dari kondisi 2019 saat belum adanya pandemi. AP II dan stakeholder mampu mengakomodir tumbuhnya permintaan penerbangan dengan tetap mengutamakan aspek pelayanan, keselamatan, keamanan serta penerapan protokol kesehatan,” urai Awaluddin. 

Dia menuturkan, pasar penerbangan domestik di Indonesia yang sangat besar turut mendukung percepatan pemulihan lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. 

Berdasarkan data yang dirilis FlightsFrom.com, lima rute domestik tersibuk dari Bandara Soekarno-Hatta adalah ke Denpasar (52-58 penerbangan/hari), Surabaya (40-42 penerbangan/hari), Medan (39-40 penerbangan/hari), Ujung Pandang (32-34 penerbangan/hari) dan Pontianak (25-27 penerbangan/hari). 

Sementara itu lima rute internasional tersibuk adalah ke Singapura (13-15 penerbangan/hari), Kuala Lumpur (9-10 penerbangan/hari), Jeddah (3-5 penerbangan/hari), Doha (3 penerbangan/hari) dan Narita Tokyo (2-3 penerbangan/hari). 

Di periode Januari - September 2022, jumlah pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 197.127 penerbangan, dan hingga akhir tahun diperkirakan pergerakan pesawat dapat 271.075 penerbangan. 

Peningkatan penerbangan pada Kuartal IV/2022 (Oktober - Desember 2022) didorong adanya libur Natal 2022 dan Tahun 2021. 

Pemulihan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta hingga menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia ini didukung organisasi yang tangguh dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

"Dengan organisasi yang tangguh, Bandara Soekarno-Hatta dapat menyesuaikan operasional sesuai kebutuhan, saat lalu lintas penerbangan tengah tinggi atau menurun," kata Awaluddin. 

Saat masuk periode pemulihan di tengah pandemi, di mana lalu lintas penerbangan meningkat, Bandara Soekarno-Hatta membuka kembali operasional Terminal 1A, melakukan penyesuaian operasional/layanan maskapai di bandara, serta mengaktifkan kembali Skytrain.

Di tengah pandemi Covid-19, Bandara Soekarno-Hatta juga menjadi bandara pertama di Indonesia yang menerapkan biosafety dan biosecurity management guna memastikan keamanan dan kenyamanan serta menjaga kepercayaan traveler terhadap sektor penerbangan nasional. 

Berbagai penghargaan global terkait penanganan Covid-19 pun dianugerahkan bagi Bandara Soekarno-Hatta, antara lain: The Covid-19 Airport Excellence Awards dari Skytrax, Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) 2021 dari Airport Council International, Safe Travel Score 4.3 dari Safe Travel Barometer dan Airport Health Accreditation dari Airport Council International (ACI). 

“Berkat protokol kesehatan yang diterapkan melalui biosafety dan biosecurity management, dan berbagai program penyesuaian operasional, Bandara Soekarno-Hatta dapat tetap beroperasi 24 jam setiap hari dan memastikan penerbangan nasional dapat berkontribusi terhadap penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Awaluddin. (omy)