Bus Jemaah Umrah Indonesia Kecelakaan di Mekah, 2 WNI Meninggal Dunia

  • Oleh : Dirham

Kamis, 27/Okt/2022 15:33 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bus jemaah umrah Indonesia mengalami kecelakaan di Mekah, Saudi Arabia. Sebanyak dua orang warga negara Indonesia (WNI) meninggal dunia. 

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha mengatakan kecelakaan tunggal tersebut pada Selasa (25/10/2022) waktu setempat. 

"Kecelakaan bus jemaah umrah di wilayah Mekkah. Kejadiannya tanggal 25 Oktober, pukul 11.30 malam," ujar Judha dalam press briefing kemlu di Jakarta, Kamis (27/10/2022). 

Judha menyampaikan, dua WNI yang meninggal adalah pengemudi bus dan muthawif. KJRI Jeddah pun telah mengirimkan tim perlindungan ke wilayah Mekkah. 

"Ketika mendapatkan informasi ini KJRI Jeddah segera mengirimkan tim perlindungan WNI ke wilayah Mekah untuk berkomunikasi dengan otoritas setempat diperoleh informasi bahwa kecelakaan ini merupakan kecelakaan tunggal yang tidak melibatkan pihak lain. Nah kecelakaan ini menewaskan dua warga negara Indonesia yaitu driver pengemudi dan juga muthawif," ujar dia. 

Lebih lanjut, tercatat sebanyak 6 jamaah mengalami luka-luka. Beberapa ada yang di rawat di Rumah Sakit King Abdul Aziz Mekah. Ada juga yang telah dapat menjalankan umrah kembali. 

"Sedangkan tercatat 6 jamaah umrah yang mengalami luka-luka. Saat ini untuk yang luka-luka dirawat di Rumah Sakit King Abdul Aziz Mekah dan 5 diantaranya telah dapat melanjutkan perjalanan umrah. Satu masih dalam perawatan," ujar dia. 

Atas kejadian itu, Kemlu turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya dua WNI di Jeddah. Dia mengatakan KJRI Jeddah telah memberikan bantuan.

"Atas kecelakaan ini kami turut berduka cita dan KJRI Jeddah telah memberikan bantuan kepada jemaah dan juga WNI,"kata dia. (ds/sumber Sindonews.com)