Meriahkan Hari Sumpah Pemuda, ASDP Dukung Millennials Gathering di Labuan Bajo

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 29/Okt/2022 08:55 WIB
Milenial Lahuan Bajo Milenial Lahuan Bajo

LABUAN BAJO (BeritaTrans.com) - Memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersama Kementerian BUMN menggelar kegiatan Sosmed Rangers dan  Millennials Gathering 2022 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (27/10/2022).

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi dalam sambutannya menyampaikan bahwa generasi millenial adalah para pemuda dan pemudi yang akan menjadi tulang punggung kemajuan bangsa Indonesia. 

Baca Juga:
Makin Familiar, Pengguna Ferizy ASDP Tembus 1,38 Juta Orang

"Para millenial adalah generasi yang memiliki potensi besar untuk dimaksimalkan dalam menjawab berbagai tantangan di masa depan," katanya.

Hadir narasumber Staf Khusus III Menteri  BUMN Arya Sinulingga.

Baca Juga:
ASDP Konsisten Perangi Sampah Laut, Sediakan Vending Machine untuk Botol Plastik

Ira menyampaikan, Indonesia memiliki sejarah mengagumkan terkait semangat dan pergerakan pemuda dengan tonggak terpentingnya adalah Sumpah Pemuda yang diikrarkan para pemuda pendiri bangsa pada 28 Oktober 1928.

Saat itu, seluruh pemuda dari berbagai latar belakang hadir dan menyatakan komitmen untuk persatuan bangsa ini, Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa.

Baca Juga:
Antisipasi Ramainya Penyeberangan di Libur Long Weekend Tahun Baru Imlek, ASDP Imbau Penumpang Beli Tiket H-1

Saat ini lebih dari 70 persen pegawai ASDP yang tersebar di kantor pusat maupun 29 kantor cabang merupakan kaum muda generasi milenial dari berbagai pelosok Tanah Air. 

"Aura semangat persatuan pemuda tersebut kita hadirkan kembali pada kegiatan Millennials Gathering ini. Kegiatan ini akan menjadi tonggak bagi tersebarnya kebaikan dari pribadi milenial terpilih yang akan memimpin bangsa ini," katanya. 

Dia meyakini berkumpulnya para pemuda adalah awal munculnya gelombang kekuatan yang akan membawa Indonesia dan khususnya para generasi millenial BUMN menjadi semakin maju dan mampu membawa kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. 

"Indonesia menunggu kita untuk mendunia, bukan menunggu kita untuk putus asa. Jangan menjadi anak muda yang labil dan nihil prestasi, tapi jadilah milenial yang terampil, haus untuk belajar dan selalu upgrading knowledge dan skill," tutur Ira.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga yang menyampaikan materi sharing session mengatakan bahwa generasi millenial harus aktif dalam meningkatkan kemampuan dirinya, baik dengan melanjutkan pendidikan tinggi ataupun non-formal. 

"Harus sekolah, atau ikut kursus. Terus belajar, upgrade skill. Karena dalam lima tahun ke depan akan ada jenis pekerjaan yang hilang atau tergantikan oleh teknologi. Maka sekarang waktunya untuk sekolah, khususnya di bidang-bidang pekerjaan yang menjadi peluang di masa depan," kata Arya. 

Dia juga memotivasi para millenial untuk terus mengembangkan softskill, social skill dan juga komunikasi efektif. 

"Anak yang pintar, mampu membuat konsep atau perencanaan dan inovasi yang besar, jika dia tidak dapat mengkomunikasikan dengan baik dan efektif, serta minim networking, maka dia berpotensi gagal," ujarnya. 

Oleh karenanya, ASDP mendukung dan optimistis bahwa kehadiran generasi milenial adalah semangat perubahan yang positif bagi bangsa Indonesia.

"Optimalkan terus peran kalian. Hingga saat haluan kepemimpinan Indonesia itu berada di tangan kalian. Kalian telah siap membawa Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan berkemajuan," Ira menambahkan. (omy)