Dukung NLE, Pelindo Regional 2 Pontianak Mulai Terapkan STID dan SIMON TKBM di Pelabuhan Dwikora

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 04/Nov/2022 13:22 WIB
foto:istimewa foto:istimewa

PONTIANAK (BeritaTrans.com) - Penerapan sistem STID dan SIMON TKBM merupakan salah satu flat form dalam Program Stanas PK (Strategis Nasional Pencegahan Korupsi) untuk mendorong percepatan implementasi Inpres No. 5 Tahun 2020 Tentang Penataan Nasional Logistik Ekosistem (NLE), sekaligus merupakan salah satu transformasi operasional pelabuhan di Indonesia.

“Tujuan penerapan STID di PT Pelabuhan Indonesia Regional 2 Pontianak, sebagai upaya untuk penyeragaman sistem yang terintegrasi untuk identitas truk. Sehingga armada truk apapun yang masuk ke Pelabuhan Dwikora – Pontianak harus cukup dengan menggunakan 1 (satu) kartu yang dapat digunakan di seluruh pelabuhan di Indonesia,” kata General Manager Pelindo Regional 2 Pontianak Hambar Wiyadi, Rabu (2/11/2022).

Sementara untuk implementasi SIMON TKBM di Pelabuhan Pontianak ditandai dengan pelaksanaan perekaman wajah pekerja TKBM pada waktu masuk area pelabuhan. Dengan penerapan SIMON TKBM ini, tentunya akan mempermudah dalam pemutahiran data TKBM, menggunakan data yang tersentalisasi untuk memonitor keluar masuk TKBM di area lini I dan Single Indetity (Single ID) berupa RFID Card sebagai media akses untuk masuk area pelabuhan.

Kegiatan peluncuran implementasi STID dan SIMON TKBM disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kelas II Pontianak, Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Kalimantan Barat, Ketua DPC INSA Pontianak, Ketua DPC ALFI/ILFA Pontianak, Ketua DPC APBMI Pontianak, Ketua Koperasi TKBM Pontianak, serta para pimpinan para mitra kerja/usaha di lingkungan Pelabuhan Pontianak.(ahmad)

Baca Juga:
ALFI Ajak Pelaku Logistik Siap Songsong NLE