Dukung Pembangunan IKN, DAMRI Hadirkan Rute Balikpapan-IKN

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 04/Nov/2022 13:56 WIB
foto:istimewa/DAMRI foto:istimewa/DAMRI

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) - Ibu Kota Negara (IKN) merupakan program pemerintah sebagai upaya mencapai target Indonesia sebagai negara maju, di tahun 2045. Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia sentris, serta mempercepat transformasi ekonomi negeri.

Transportasi merupakan unsur terpenting dalam mendukung pembangunan. Maka dari itu, DAMRI bersama Kementerian Perhubungan turut mendukung kelancaran pembangunan dengan membuka rute Balikpapan - IKN, dan mengerahkan armada bus sebanyak 15 unit. Pengoperasian armada ini telah berlangsung sejak 1 November 2022.

Baca Juga:
Sambut Hari Kasih Sayang, DAMRI Beri Promo 14% untuk Semua Rute Perjalanan

Corporate Secretary Perum DAMRI, Akhmad Zulfikri mengatakan bahwa DAMRI menyediakan sebanyak 15 unit bus medium yang memiliki kapasitas hingga 25 penumpang. Trayek akan melalui Pelabuhan Semayang - Bandar Udara SAMS Sepinggan - Terminal Batu Ampar - Jalan Tol KM 13 - IKN Nusantara.

“Pembukaan rute Balikpapan - IKN ini sebagai penghubung antara wilayah pendukung, yaitu Balikpapan, ke kawasan IKN,” tuturnya.

Baca Juga:
Ayo Traveller! Nikmati Keindahan Pacitan Bersama DAMRI

Jadwal operasional dari Pelabuhan Semayang pukul 07.00 - 18.15 WIB, dari Bandar Udara SAMS Sepinggan pukul 08.10 - 17.05 WIB, dari Terminal Batu Ampar pukul 08.10 - 17.05 WIB, dan dari IKN Nusantara pukul 10.30 - 18.00 WIB. Armada akan berangkat setiap 1 jam sekali. Tarif yang dikenakan sebesar Rp43.000 untuk semua rute. 

DAMRI memastikan pemesanan tiket bus dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan tersedia di halte-halte pemberhentian, Pelabuhan Semayang, Bandar Udara SAMS Sepinggan, dan Terminal Batu Ampar. Ke depannya pemesanan tiket akan hadir pula di DAMRI Apps dan Online Travel Agent.

Baca Juga:
Jasa Raharja Jawa Barat Bersinergi dengan Jasa Raharja Putera Dalam Sosialisasikan Produk Related Asuransi di Perum Damri Bandung

Harapannya, dengan layanan bus di kawasan pendukung hingga IKN, dapat semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan mobilisasi. Selain itu, hadirnya transportasi di kawasan IKN tentunya sebagai upaya pendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk percepatan pembangunan wilayah IKN. 

Bagi pelanggan yang ingin mengetahui Informasi selengkapnya terkait layanan Balikpapan - IKN,  pelanggan dapat menghubungi email [email protected], Call Center Halo DAMRI 1500 825, atau mengunjungi media sosial DAMRI pada akun Instagram, Twitter, Facebook di @DamriIndonesia.(ahmad)

Tags :