ASDP-BSI Dukung Pasar Rakyat dan Bazar UMKM di Kabupaten Pesawaran

  • Oleh : Naomy

Minggu, 06/Nov/2022 18:18 WIB
Dukungan ASDP dan BNI untuk warga Kab. Pesawaran Dukungan ASDP dan BNI untuk warga Kab. Pesawaran

LAMPUNG (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Kementerian BUMN menggelar program Pasar Rakyat dan Bazar UMKM BUMN di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Sabtu (5/11/2022). 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin merespon positif program inisiasi Kementerian BUMN untuk berkolaborasi dengan BSI dalam kegiatan mendukung UMKM dalam peningkatan skala usaha sekaligus penyaluran Sembako dengan harga terjangkau bagi masyarakat Lampung Selatan, yang merupakan wilayah operasional ASDP.

Baca Juga:
ASDP Dukung Perkuatan Konektivitas dan Logistik Kepri - Kalimantan

Sekitar 50 UMKM binaan membuka stan bazar memperkenalkan produk mereka bersamaan dengan kegiatan Pasar Sembako Murah di Lapangan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Dalam kesempatan itu, para peserta UMKM juga mengikuti Dialog bersama Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga sebagai bentuk pembinaan agar lebih teredukasi dan mengetahui program dan informasi terbaru seputar pemberdayaan UMKM dari BUMN. 

Baca Juga:
ASDP Relokasi KMP Jatra II dari Lintas Merak-Bakauheni, Perkuat Lintas LDF Ketapang-Lembar

"Alhamdullilah kegiatan Bazar UMKM ini dapat terus mendorong pangsa pasar dan skala usaha. Sementara untuk giat Pasar Rakyat, kegiatan penyaluran sembako Bulog dengan harga terjangkau dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kami warga Kabupaten Pesawaran dan sekitarnya. Kita ketahui pascakenaikan harga BBM tentu berdampak meroketnya harga bahan sembako," tutur Shelvy.

Dia berharap, kegiatan positif ini tidak berhenti di wilayah Lampung, tetapi juga menjangkau wilayah lainnya di Indonesia. 

Baca Juga:
Persiapan Jelang Angkutan Lebaran, ASDP Tingkatkan Fasilitas di Pelabuhan Merak

Bantuan dan dukungan penyaluran sembako dengan harga terjangkau ini sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam membawa kemanfaatan yang lebih besar dalam kemajuan perekonomian daerah. 

"Kami juga ingin agar kehadiran ASDP benar-benar dapat bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat sekitar. Di tengah endemi Covid saat ini, melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) tahun 2022, ASDP telah menyalurkan anggaran sekitar Rp530 juta untuk dukungan bagi masyarakat melalui penyaluran sembako di wilayah operasional wilayah Sumatera dan Jawa yakni Cabang Bangka, Bakauheni, Merak dan Ketapang," beber Shelvy.

Program Bazar UMKM ini hadir mendukung pemberdayaan UMKM setempat, melalui bazaar UMKM yang diisi pameran berbagai produk, mulai dari makanan hingga kerajinan khas daerah. 

Sedangkan Pasar Rakyat bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan serta memberikan alternatif harga jual yang lebih terjangkau untuk minyak goreng dan bahan-bahan pokok kebutuhan lainnya. 

Dalam kegiatan ini, ASDP bersama BSI menyalurkan 4.000 paket sembako kepada masyarakat di Kabupaten Pesawaran. (omy)