Ratusan Nelayan Serbu Gerai Nasional E-Pas Kecil KSU Tanjung Priok

  • Oleh : Ahmad

Senin, 07/Nov/2022 14:49 WIB
foto:BeritaTrans.com/ahmad foto:BeritaTrans.com/ahmad

 

Baca Juga:
Bangkai Kapal di Pelabuhan Pasuruan Halangi Nelayan Cari Ikan

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Nelayan kapal dibawah 7 GT mendapat pelayanan gratis selama 4 hari dari Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Tanjung Priok, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, di Taman Adhi Karya, Plaza Kalibaru, Jakarta Utara.

Kantor KSU Tanjung Priok menggelar Gerai Nasional menerbitkan e-pas kecil untuk mempermudah para nelayan mempunyai data terdaftar kapal miliknya. Menurut Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Andi Hartono, tujuan digelarnya kegiatan ini adalah untuk menunjukan bahwa Pemerintah hadir dalam melayani masyarakat, karena para nelayan pun mempunyai hak yang sama untuk mendapat pelayanan.

Baca Juga:
Di Bulan K3 Nasional, JICT Resmikan Gedung Fire Station & Rescue

“Dan yang lebih penting lagi bahwa Pemerintah ingin menjaga keselamatan para nelayan yang melaut dengan memberikan keterampilan untuk keamanan melaut sehingga mereka dapat tenang dan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat mencari nafkah di laut,” kata Andi Hartono, Senin (7/11/2022).

Baca Juga:
Mahasiswa IPB Gali Ilmu dengan Ber-PKL di Karantina Tanjung Priok

Andi Hartono menjelaskan, kapal-kapal di bawah GT 7 diwajibkan untuk memiliki dokumen pas kecil yang menyatu dengan sertifikat keselamatan sebagai dokumen kepemilikan kapal. Dengan memiliki pas kecil ini para nelayan memiliki kekuatan hukum untuk kepemilikan kapalnya.

Menurut Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal KSU Priok Dicky Eka Kunarko Putra, Gerai ini disiapkan 1.000 e-pas kecil. 

Sementara itu salah satu pemohon dan penerima pas kecil, Amirudin pengurus Koperasi Bumi Pertiwi Pratama dengan nama Kapal Doa Suci Satu, menuturkan, " Alhamdulillah dengan adanya program dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, sangat membantu para nelayan juga pengurusan dokumen kapal menjadi lebih mudah. Sebelumnya berupa dokumen kertasnamun sekarang e-Pas Kecil ini sangat menguntungkan karena tidak mudah rusak bila terkena air dan juga bisa untuk penerimaan berbagai subsidi seperti subsidi bahan bakar minyak (BBM)," ungkapnya pada BeritaTrans.com.

Gerai Nasional e-pas kecil dan pemberian lifejacket diresmikan langsung oleh Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, dan dihadiri Anggota DPD-RI Fahira Idris, Walikota Jakarta Utara, BTKP, Disnav Tanjung Priok, PPLP Tanjung Priok, KSOP Sunda Kelapa, KSOP Muara Angke, KSOP Marunda, KSOP Kepulauan Seribu, Adhi Karya, Camat Cilincing, Lurah Cilincing, Lurah Kalibaru, Danramil Cilincing, Polsek Kalibaru dan nelayan sekitar Kalibaru.(ahmad)