Sukseskan KTT G20, Pintu Masuk Bali dari Penyeberangan Dijaga Ketat, ASDP Siagakan 48 Kapal di Lintas Ketapang - Gilimanuk

  • Oleh : Naomy

Rabu, 09/Nov/2022 18:19 WIB
Layanan ASDP di Pelabuhan Layanan ASDP di Pelabuhan

 

KETAPANG (BeritaTrans.com) - Sukseskan KTT G20, pintu masuk dari sisi penyeberangan dijaga ketat.

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan telah mempersiapkan prasarana dan sarana layanan penyeberangan guna mendukung perhelatan Presidensi G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, sejak beberapa bulan lalu, pihaknya telah melakukan persiapan-persiapan.

Baca Juga:
Selama Angleb, ASDP Layani Hingga 4,14 Juta Penumpang di 8 Lintasan

"Presidensi G20 ini menjadi pembuktian bagi kita sebagai bangsa dan negara bahwa kita mampu menyelenggarakan gelaran berskala internasional. Begitu pula, ASDP sebagai BUMN, tentunya juga tidak ketinggalan dan siap berkontribusi dengan mendukung penuh G20 melalui kesiapan dan kelaikan kapal serta pelabuhan dan tentunya dengan memberikan pelayanan terbaik, sehingga KTT G20 dapat sukses dan berjalan lancar serta aman," bebernya, Rabu (9/11/2022).

Menurutnya, fokus ASDP dalam mendukung kesuksesan KTT G20 ada di dua lintasan yakni lintas Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, dan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, serta lintas Pelabuhan Padang Bai, Karangasem, Bali, dan Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB. 

Baca Juga:
ASDP: Hampir 100 Persen Pemudik dari Sumatera via Penyeberangan Telah Kembali ke Jawa

"Fokus kami di dua lintas yakni Ketapang-Gilimanuk dan Padang Bai-Lembar yang memang menjadi pintu masuk menuju Bali dari Jawa dan Lombok. Kedua lintas ini diperkirakan menjadi jalur sibuk khususnya untuk logistik," ujarnya.

Sejak beberapa pekan lalu, situasi penyeberangan, khususnya di lintas Ketapang-Gilimanuk sudah mulai sibuk dengan kedatangan sarana pendukung seperti peralatan dan kendaraan menuju ke Bali. 

Bahkan sejak Senin (7/11/2022) aparat telah melakukan penjagaan ketat di sejumlah pintu masuk menuju pulau Dewata, termasuk pelabuhan penyeberangan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk.

Keduanya merupakan akses menuju Bali dari Pulau Jawa serta akses dari Lombok, Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Padangbai. 

Pemerintah melakukan pengetatan arus penumpang dan kendaraan yang akan menuju Bali. Sejumlah personil telah diterjunkan ke lapangan yang terdiri dari Brimob Polda, BKO, Densus 88 guna mendukung sterilisasi dan pengamanan terkait penyelenggaraan G20. 

"Pemeriksaan penumpang dan kendaraan diperketat yang akan menuju Bali. Sebelumnya juga telah dilakukan simulasi Tactical Floor Game (TGF) Komando Gabungan Pengamanan Giat G20, sehingga dapat mengantisipasi potensi-potensi terjadinya ancaman dan gangguan selama kegiatan berlangsung," tutur Shelvy.

Saat ini, trafik penyeberangan dari Jawa ke Bali dan sebaliknya, serta trafik Lombok ke Bali dan sebaliknya dilaporkan masih terlihat lengang atau belum ada lonjakan signifikan. 

"Mungkin karena ada pengetatan untuk pihak yang menuju Bali, perjalanan relatif sepi. Di lintasan Ketapang-Gilimanuk kapal yang beroperasi masih normal. Dari total 48 kapal, sekitar 28 unit yang beroperasi selama 24 jam atau sebanyak 224 trip," ujarnya.

Sisanya 20 kapal standbye, jika terjadi kondisi darurat atau bencana, akan dioperasikan.

Pada periode 1-8 November 2022, di lintas Ketapang-Gilimanuk tercatat total jumlah penumpang sebanyak 211.483 orang dan kendaraan 64.093 unit. Sementara, di lintas Lembar-Padang Bai pada periode yang sama tercatat total jumlah penumpang 4.863 orang dan kendaraan roda empat atau lebih 3.294 unit.

"Dari total 24 kapal yang standbye, sekitar 13 kapal beroperasi melayani rute Padangbai-Lembar dengan rata-rata 26 trip per hari. Saat ini trafik juga masih landai, tidak ada kenaikan signifikan dari pergerakan penumpang dan kendaraan," imbuh dia. 

ASDP juga telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti Kesyahbandaran Operasi Pelabuhan (KSOP), Badan Pengelola Transportasi Daerah (BPTD), Dinas Perhubungan Provinsi dan Kabupaten, serta TNI/Polri.

Untuk keamanan, ASDP secara khusus sudah melakukan koordinasi secara intensif dengan pihak keamanan dalam hal ini TNI/Polri karena ini menyangkut keamanan para pemimpin negara dan delegasi yang hadir.

Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20 atau G20 Summit akan digelar di Bali pada 15-16 November 2022 dengan diikuti kepala negara 19 negara maju dan berkembang dunia dan satu pemimpin Uni Eropa. Pemerintah pun mengajak semua pihak termasuk BUMN untuk turut menyukseskan ajang konferensi tingkat dunia tersebut. (omy)