Mengintip Tugas Gabungan Pasukan Elite Kogabpadpam VVIP Amankan KTT G20 Bali

  • Oleh : Dirham

Selasa, 15/Nov/2022 12:09 WIB
Satuan Tugas Pasukan Khusus (Satgaspassus) yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan Very Very Important Person (Kogabpadpam VVIP) di Bali. Satuan Tugas Pasukan Khusus (Satgaspassus) yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan Very Very Important Person (Kogabpadpam VVIP) di Bali.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Satuan Tugas Pasukan Khusus (Satgaspassus) yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan Very Very Important Person (Kogabpadpam VVIP) tengah menerjunkan ratusan personel guna mengamankan Presidensi G20 Tahun 2022 di Bali 15-16 November 2022.

Satgaspassus Kogabpadpam VVIP diketahui telah menerjunkan 400 Personel di Bali. Mereka bertugas menyiapkan dan menyiagakan operasi khusus selama Operasi Pengamanan (Opspam) VVIP.

Adapun terdapat beberapa tugas penting yang dilakukan personel Satgaspassus Kogabpadpam VVIP dalam mengamankan gelaran akbar tersebut. Di antaranya;

"Melaksanakan koordinasi dengan instansi lain terkait penyiagaan operasi khusus dalam Opspam VVIP, menyiapkan kekuatan untuk siap bergerak dalam segala situasi untuk mengamankan VVIP," ujar Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel (Mar) Gugun Saeful Rachman dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022).

Selanjutnya, yakni turut menempatkan personel di tempat penginapan maupun di tempat kegiatan bagi VVIP selama Opspam VVIP. Serta, melaporkan setiap perkembangan situasi yangkepada Pangkogabpadpam serta beralih ke operasi selanjutnya atas perintah.

Di samping mengerahkan sebanyak 400-an personel, Satgaspassus yang terdiri dari pasukan khusus dari matra darat, laut dan udara tersebut, juga mengerahkan Alut Utama Sistem Senjata (Alutsista).

Alustsista tersebut berupa pesawat udara, helikopter jenis Bell dan Super Puma, kendaraan taktis bushmaster, atav full armor, infader EOD, trailer bomb dan beberapa unit sea reader serta jetski. (ds/sumber Okezone.com)