Besok! Jokowi dan Xi Jinping Saksikan Uji Coba Kereta Cepat JKT-BDG

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 15/Nov/2022 16:38 WIB
Jokowi dan Xi Jinping berjabat tangan. Foto: YouTube Sekretariat Presiden Jokowi dan Xi Jinping berjabat tangan. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping akan menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Rabu (16/11) besok. Kedua Kepala Negara itu akan memantau secara virtual dari Bali.

"Kegiatannya besok. Dari jadwal sementara sekitar pukul 17.00 WITA," kata GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Rahadian Ratry kepada wartawan, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga:
Kereta Cepat Penghubung Hong Kong-China Diuji Coba

Rahadian menyebut berbagai persiapan telah siap. Sayangnya saat uji coba besok, Kereta Cepat Jakarta-Bandung belum akan melaju dengan kecepatan penuh alias maksimal 80 km per jam.

"Kami sudah melaksanakan persiapan sejak 9 November untuk memastikan segala persiapan dapat berjalan dengan lancar," ucapnya.

Baca Juga:
Progres Proyek Pembangunan KA Cepat JKT-BDG Capai 91,7%

Uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga tidak akan dilakukan di seluruh jalur sepanjang 142 km. Pengujian baru akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Bandung.

Sistem kelistrikan untuk uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dipastikan sudah menyala. Sistem pengereman pada kereta inspeksi hingga persinyalan juga sebelumnya sudah dilakukan pengujian pada (10/11).

Baca Juga:
Ada KCJB, Tiga Kali Ganti Kereta demi Sampai Kota Bandung

"Kereta inspeksi ini adalah kereta yang akan digunakan pada uji dinamis dan hari ini merupakan hari perdana melaju di atas rel," ujar Rahadian.(fhm/sumber:detik)