Jelang Nataru 2022, KSOP Muara Angke Gelar Ramp Check Kelaiklautan Kapal Penumpang di Pelabuhan Kali Adem

  • Oleh : Ahmad

Senin, 21/Nov/2022 13:00 WIB
foto:istimewa/ksopmuaraangke foto:istimewa/ksopmuaraangke

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam rangka menjelang hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui KSOP Kelas IV Muara Angke telah melakukan serangkaian persiapan penyelenggaraan angkutan laut agar masyarakat dapat menggunakan jasa transportasi laut dengan selamat, aman, lancar, nyaman dan terkoordinasi.

Salah satunya adalah dengan melakukan ramp check sarana dan prasarana transportasi laut termasuk kapal penumpang di Pelabuhan Kali adem, Muara Angke. Adapun ramp check dimaksud, dilaksanakan didasarkan oleh Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP-DJPL 644 Tahun 2022 Tanggal 26 September 2022, Tentang Uji Kelaiklautan Kapal Penumpang Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

Diperkirakan di periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 jumlah penumpang mengalami lonjakan. Untuk itu penting sekali dilakukan ramp check guna memastikan aspek standar kelaiklautan kapal dan keselamatan pelayarannya terpenuhi.

Baca Juga:
Sempat Dilaporkan Hilang, Penumpang Kapal Pesiar Berhasil Dievakuasi setelah 15 Jam Terombang-Ambing di Laut



Pemeriksaan kelaiklautan kapal dilakukan untuk menjamin kepastian keselamatan dan keamanan para pengguna jasa transportasi laut serta tidak mentolerir adanya temuan kelalaian dan kekurangan pada saat pemeriksaan kelaikan kapal tersebut.(ahmad)

Baca Juga:
Jadwal Kapal Pelni Lambelu Hingga 20 Desember, Semua Rute Kapal Lambelu Maumere - Pantoloan