5 Jalur Kereta Api Paling Unik di Dunia, Ada yang Lewat Lintasan Pacu Pesawat

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 23/Nov/2022 07:02 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta api adalah alat transportasi yang menawarkan penumpangnya dengan lanskap sejuta pesona. Berbagai rute kereta api di beberapa negara menyuguhkan pemandan indah dan pengalaman yang tak terlupakan.

Pemandangannya bukan lagi tebing ataupun hamparan sawah yang luas. Melansir akun resmi Instagram Ditjen perkeretaapian, ada beberapa jalur kereta api terunik di dunia. 

Mau tahu apa saja keunikannya?  Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Jalur kereta di atas laut  

Jalur kereta di atas laut (instagram.com/ditjenperkeretaapian)

Jalur kereta api di tengah laut? Bagaimana rasanya ya naik kereta api yang membelah lautan? Rute kereta api yang terbentang sepanjang 11 km di Jerman ini dinamakan Hindenburgdamn. Rute ini menghubungkan antara The North Frisian Pulau Sylt dengan daratan Schleswig-Holstein.

Melansir Amusing Planet, jalur kereta Hindenburgdamn dibangun oleh Paul von Hidenburg. Hingga kini, jalur kereta yang dibuka sejak tahun 1927 itu, telah dilewati oleh ratusan kereta api setiap harinya. Kebanyakan untuk mengangkut mobil.

2. Jalur kereta yang memotong landasan pacu  

Gisborne railway (instagram.com/aviationmediatz)

Pernah membayangkan ada kereta api yang melintas di landasan pacu? Ya, pemandangan itu terjadi di Selandia Baru, tepatnya di Bandara Gisborne. Kereta api akan melintasi landasan pacu antara pukul 06.30 pagi hingga 08.30 malam.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, baik petugas kereta maupun petugas yang bekerja di ruang kontrol pesawat harus saling bekerja sama. Jadi, ketika akan melintasi landasan pacu, operator kereta harus mendapat izin terlebih dahulu dari Pengendali Lalu-lintas Udara (Air Traffic Controller, ATC).

3. Jalur kereta api spiral brusio 

Rel spiral Brusio (instagram.com/civilengineeringtr)

Jalur kereta api unik selanjutnya ada di Swiss dengan jalur kereta yang berbentuk spiral. Rel spiral Brusio ini memiliki panjang sekitar 110 meter. Jalur kereta yang berjarak sekitar 55 km dari St. Moritz tersebut adalah bagian dari Bernina Railway antara Campascio dan Brusio.

Rel spiral Brusio merupakan jalur tunggal dengan 9 penopang di atas saluran air di Brusio, Kanton Graubünden, Swiss. Bukan tanpa sebab, rel ulir ini dibangun agar memungkinkan kereta api dapat naik ke tempat yang lebih tinggi dalam jarak yang relatif pendek.

4. Jalur kereta yang melintasi gedung apartemen berpenghuni  

Chongqing Rail Transit (instagram.com/chinamatters__)

Di Chongqing, Cina kamu akan menemukan perlintasan kereta api yang terbilang unik. Pasalnya, jalur kereta tersebut menembus sebuah bangunan apartemen berlantai 19. Angkutan publik yang dikemas dengan gedung pencakar langit ini dibuat lantaran berkurangnya lahan untuk jalur transportasi.  

Chongqing Rail Transit dibuka pada 2004 silam untuk memudahkan warganya naik kereta di Liziba Station, yang terletak di lantai 6 sampai 8 di dalam gedung tersebut. Suara kereta di stasiun monorel ini dipasang alat untuk mengurangi kebisingan.

5. Jalur kereta paling romantis  

Gyeonghwa Station (instagram.com/obowzo)

Ada lagi nih, jalur kereta yang paling romantis. Mana lagi kalau bukan di Korea Selatan. Gyeonghwa Station, perlintasan kereta api di kota Jinhae satu ini instagramable banget. Bukan cuma sebagai stasiun kereta api, tapi juga menjadi spot foto yang keren, terlebih saat musim semi tiba.

Kamu bisa menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran ketika kereta api membelah ratusan pohon berwarna merah muda tersebut. Bagi wisatawan, tempat ini menjadi eksotis nan romantis.

Bagaimana, bikin penasaran bukan dengan keunikannya? Dari kelima jalur kereta api di atas, kira-kira jalur kereta mana nih, yang ingin kamu lewati?
(fhm/sumber:idntimes)