PT Samudera Indonesia akan Ekspansif Tambah Kapal

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 23/Nov/2022 11:28 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Emiten pelayaran, PT Samudera Indonesia Tbk optimistis target kinerja pada akhir 2022 ini dapat tercapai. Hal ini juga seiring dengan rencana penambahan kapal oleh emiten berkode SMDR ini. 

Direktur Utama Samudera Indonesia Bani Maulana Mulia mengatakan hingga tutup tahun ini, perseroan berharap bisa mengantongi pendapatan sebesar US$ 1 miliar. Laba bersih SMDR ditargetkan bisa naik dua kali lipat dibandingkan 2021. 

Baca Juga:
Enam Kapal Bantu Evakuasi Kapal Tanker MT Young Yong yang Kandas di Perairan Batam

"Kami optimistis kedua target ini dapat terlampaui di akhir 2022 nanti," kata Bani kepada wartawan baru-baru ini. 

Adapun hingga akhir September 2022, SMDR berhasil mengantongi pendapatan jasa sebesar US$ 853,93 juta. Angka ini melesat 92,87% secara tahunan dari US$ 442,76 juta pada periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga:
Kapal Tanker Djibouti Pengangkut Minyak Kandas di Jalur Pipa Gas Batam

SMDR mengantongi laba bersih periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$ 171,53 juta per kuartal III-2022. Ini meningkat pesat 232,87% secara tahunan dari US$ 51,53 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Bani bilang perseroan masih akan terus menambah kapal untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan dari pelanggan. Ada satu kapal peti kemas yang dijadwalkan terkirim di kuartal I-2023. 

Baca Juga:
Perkuat Jaringan Logistik Nusantara, Pelni Jajaki Kerja Sama dengan Samudera Indonesia

Kemudian ada dua kapal yang sedang dalam proses finalisasi dan sekitar empat sampai enam kapal dalam proses desain, perencanaan. Total SMDR akan menambah 7-9 kapal peti kemas. 

Tak hanya itu, Samudera Indonesia juga berencana untuk menambah kapal tanker dan bulk carrier. Namun saat ini perseroan masih memproses kapal yang sedang diproses. 

"Di kuartal keempat 2022 ini kami akan menerima satu tanker dan juga satu kapal bulk carrier dan akan meluncurkan 2 kapal peti kemas," tandasnya. (fhm)