Tol Indrapura-Kisaran Rampung 2023, Segini Tarifnya!

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 24/Nov/2022 17:14 WIB
Jalan Tol Indrapura - Kisaran sepanjang 47,75 Km merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dukungan konektivitas antar wilayah dari Medan ke Kisaran maupun wilayah sekitarnya. (Dok: PUPR) Jalan Tol Indrapura - Kisaran sepanjang 47,75 Km merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dukungan konektivitas antar wilayah dari Medan ke Kisaran maupun wilayah sekitarnya. (Dok: PUPR)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Satu tol di Trans Sumatra ruas Indrapura-Kisaran bakal rampung pada 2023 mendatang. Tarif tol penghubung wilayah di Sumatera Utara dari Medan-Kisaran diperkirakan mencapai Rp 47 ribu untuk golongan I.

Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol dilakukan pada 29 November 2017 lalu antara Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan PT Hutama Karya (Persero). dengan menetapkan tarif sebesar Rp 1.000 per kilometer.

Baca Juga:
Tarif Tol Gempol-Pandaan Naik Mulai 27 April, Nanti Jadi Segini Bayarnya!

"Pemegang saham proyek ini Hutama Karya, penetapan tarif tol golongan-I Rp 1.000 per kilometer, dengan masa konsesi 40 tahun sejak SPMK dari BPJT," mengutip keterangan dalam siaran Youtube BPJT, Rabu (23/11/2022).

Artinya dengan total panjang tol yang mencapai 47,75 kilometer ini, tarif tol untuk golongan-I mencapai Rp 47.750 ribu.

Baca Juga:
Tarif Tol Gempol-Pandaan Bakal Naik Mulai Beberapa Hari Lagi!

Nantinya tol ini diharapkan menghubungkan sentra produksi dan akses destinasi wisata di Sumatra Utara. Menghubungkan kabupaten Batubara di sisi utara dan kabupaten Asahan di sisi selatan.

Adapun rencana kecepatan jalan tol ini mencapai 100 kilometer per jam dengan perkerasan jalan rigid pavement atau perkerasan kaku.

Baca Juga:
Tarif Jalan Tol Bali Mandara Segera Naik, Catat Harga Terbarunya!

Tol ini dibangun dua seksi, pertama dari Indrapura-Limapuluh sepanjang 15,6 kilometer dan seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32,15 km.

Adapun progres proyek tol senilai Rp 6,06 triliun ini per Oktober mencapai 60,2% dan pembebasan lahan secara keseluruhan 38,9% atau masih ada 61,03% yang belum bebas.

"Dengan informasi progres pengadaan lahan dan pelaksanaan konstruksi Indrapura-Kisaran ditargetkan selesai pada 2023 mendatang," demikian penjelasan BPJT.(fhm/sumber:cnbc)