PTDI Kelola Museum Transportasi Indonesia, Jadi Pusat Sejarah Kendaraan Listrik di RI

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 29/Nov/2022 16:36 WIB
Kepala PTDI Ahmad Yani saat pembukaan Hyundai Mobility Exhibition Center di TMII, Jumat (25/11/2022). Kepala PTDI Ahmad Yani saat pembukaan Hyundai Mobility Exhibition Center di TMII, Jumat (25/11/2022).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan melalui Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) mengelola aset baru di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Aset baru tersebut merupakan kendaraan listrik mobil Hyundai IONIQ 5 dan koleksi kendaraan masa depan.

Kemenhub dan Hyundai Motor Company, bekerjasama membangun pusat pameran Hyundai Mobility Exhibition Center di Museum Transportasi, TMII, Jakarta, Jumat (25/11/2022). Mobil Hyundai IONIQ 5 dan Hyundai Mobility Exhibition Center merupakan dua hal yang dihibahkan Hyundai Motor Company kepada Kemenhub.

Baca Juga:
Siapkan Pengemudi Angkutan Umum Andal, BPSDM Kemenhub Kerja Sama dengan Dishub DKI Jakarta

"Kami sangat mengapresiasi kolaborasi kontribusi Hyundai Motor Company terhadap Museum Transportasi. Hal ini mendukung Kementerian Perhubungan dalam mengumpulkan, memelihara meneliti, memamerkan sejarah perkembangan transportasi khusunya sejarah perkembangan kendaraan listrik di tanah air," ujar Kepala PTDI Ahmad Yani saat pembukaan Hyundai Mobility Exhibition Center.

Ahmad Yani berharap museum ini memberikan informasi juga tempat rekreasi bagi masyarakat luas. 

Baca Juga:
Kampus Kemenhub Gelar Diklat Keselamatan Transportasi Darat bagi Pengemudi

Dikatakannya, Museum Transportasi dapat pula dimanfaatkan oleh para taruna dan taruni PTDI, serta pengajar di Kementerian Perhubungan sebagai salah satu sarana pendukung pembelajaran demi menghasilkan lulusan yang berprestasi, profesional, beretika standart global, dan berintegritas.

Hadirnya wajah baru di TMII merupakan instruksi arahan dari Presiden Indonesia Joko Widodo, untuk menyambut tamu negara dalam gelaran acara G20 pada November lalu. 

Baca Juga:
Di Dies Natalis ke-42 STTD-PTDI, Kepala BPSDMP Tekankan Penguatan Kolaborasi & Inovasi

"Arahan itu kemudian segara ditindaklanjut oleh Bapak Menteri Perhubungan untuk melakukan perbaikan secara signifikan Museum Transportasi yang asetnya dimiliki oleh Kementerian Perhubungan," sambungnya. 

Selanjutnya, BPSDM Perhubungan diberikan mandat untuk mengelola aset di Museum Transportasi oleh Menhub Budi Karya Sumadi bersama Eselon I di Kemenhub melakukan langkah untuk mempersiapkan renovasi serta mengelola Museum Transportasi tersebut.

Pada Juli 2022, Kemenhub dan Hyundai Motor menandatangani nota kesepahaman (MoU), di mana dalam MoU tersebut Hyundai menghibahkan dua aset yaitu berupa Mobil listrik IONIQ 5 dan Hyundai Mobility Exhibition Center ke Museum Transportasi.

"Selain Kemenhub, Hyndai Motor Company sebagai salah satu perusahaan besar di bidang otomotif juga merespon perbaikan museum ini secara positif pada Juni 2020," ujar Yani.

Dijelaskan Yani, mobil listrik IONIQ 5 yang dihibahkan tersebut sangat istimewa, karena merupakan mobil IONIQ 5 pertama yang diproduksi di Indonesia serta ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Mobil tersebut ada di dalam museum dan terpajang di salah satu sudut ruangan museum.

Sementera Hyndai Mobility Exhibition Center pembangunannya dimulai pada Agustus 2022 sampai dengan Oktober 2022. Rancang bangun museum menampilkan konsep mobilitas masa depan melalui Advanced Air Mobility (AAM), Purpose-Built Vehicle (PBV) dan hub mock-up yang memainkan peran kunci dalam menghidupkan kota masa depan.

Yani juga mengatakan, pihaknya juga masih akan terus melakukan perkembangan dan perbaikan di museum tersebut. Pihaknya juga membuka diri kepada stakeholder untuk bekerjasama untuk terus meningkatkan pelayanan di Museum Transportasi.

Pada, Jumat (25/11/2022), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Presiden Hyundai Motor Asia Pasifik Youngtack Lee hadir dalam kegiatan seremoni pembukaan pusat pameran kendaraan masa depan di Museum Transportasi, TMII yang diberi nama “Hyundai Mobility Exhibition Center”.
 
Pada kesempatan ini, dilakukan pula serah terima satu unit mobil listrik IONIQ 5 pertama Hyundai yang diproduksi di Indonesia dan ditandatangani oleh Presiden pada saat meresmikan pabrik Hyundai di Cikarang pada Maret 2022.

Mobil listrik ini dihibahkan oleh Hyundai Motor kepada Kemenhub melalui PTDI selaku pengelola Museum Transportasi.(fhm)