Mau Liburan? Yuk Kenali 4 Perbedaan Kelas Kereta Api

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 30/Nov/2022 20:17 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta Api (KA), merupakan salah satu moda transportasi andalan bagi sebagian masyarakat untuk bepergian ke berbagai tempat. Terlebih lagi mendekati suasana liburan Hari Natal dan pergantian tahun.  

Kereta api menjadi primadona karena memiliki banyak keuntungan bagi mereka yang menggunakannya. Banyak alasan mengapa banyak orang memilih moda transportasi ini, mulai dari harga dari tiket yang terjangkau, tingkat kenyamanan, lebih cepat sampai tujuan serta terbebas kemacetan.

Baca Juga:
Uji Coba KA di Sulsel Makan Korban, Penyandang Disabilitas Tewas Tertabrak Kereta

Dalam pelayanannya, terdapat perbedaan kelas kereta api dari segi layanan dan fasilitas yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

“Walaupun memiliki banyak kelas, kami tetap akan melayani pelanggan dengan sebaik mungkin dan tetap mengutamakan keselamatan. Harapannya mampu mempertahankan pelanggan setia serta menarik para pelanggan baru KAI. Terima kasih atas kepercayaan masyarakat memilih kereta api sebagai moda transportasi," ujar Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Baca Juga:
PT KCIC dan 20 Perusahaan Menandatangani MoU Guna Dukung Layanan KCJB

Apa saja kelas yang tersedia di kereta api jarak jauh? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Kelas ekonomi

Baca Juga:
Kemenhub Jelaskan soal Rembesan di Dinding Stasiun Manggarai

Ilustrasi kereta api kelas ekonomi (pinterest.com/radhitya0343)

Kelas ekonomi merupakan kelas yang paling ekonomis dari semua kelas di kereta api. Saat ini, kondisi kelas kereta ini sudah banyak mengalami perombakan, mulai dari tersedianya AC hingga stop kontak, rak bagasi untuk menaruh barang, hingga toilet yang bersih.

Dalam kereta ekonomi tersedia berbagai tipe, yakni tipe ekonomi berkapasitas 106 kursi dan tipe berkapasitas 80 kursi, tersedia pula 64 kursi prioritas untuk difabel, lansia dan pelanggan berkebutuhan khusus.

Untuk rangkaian terbaru yang hadir pada kelas ekonomi adalah ekonomi new image dan ekonomi premium. Kelas ekonomi premium merupakan penyempurnaan dari ekonomi new image. Dengan kapasitas 80 penumpang, tempat duduk terbagi menjadi dua. Ada posisi tempat duduk yang sejalan dengan arah laju kereta dan ada yang berlawanan arah dengan laju kereta.

Dalam segi kenyamanan dalam perjalanan, pada kelas tersebut sudah dilengkapi dengan model reclining seat dan arm rest.

2. Kelas bisnis

Ilustrasi kereta api kelas bisnis (youtube.com/risanganggaraambulakral)

Kelas bisnis pada kereta api sedikit berada di atas kelas ekonomi dari segi fasilitas dan pelayanan sudah mendekati kelas eksekutif. Namun, terdapat sedikit perbedaan dengan tidak adanya reclining seat pada kelas tersebut.

Posisi kursi duduk dapat diubah sesuai keinginan penumpang jika ingin berhadapan dengan kursi yang berada di depan atau belakang. Seperti kelas ekonomi, kelas bisnis pun sudah dilengkapi dengan AC dan colokan listrik.

3. Kelas eksekutif

Ilustrasi kereta api kelas eksekutif (youtube.com/andriawanpratikto)

Jika masyarakat yang ingin berpergian mendapatkan kenyamanan yang lebih, maka kelas eksekutif bisa menjadi pilihannya. Kelas ini hanya menampung 50 kapasitas penumpang.

Fasilitas yang disediakan tentu lebih maksimal. Kelas ini dilengapi dengan kursi berpola 2-2 yang empuk dan nyaman serta bisa diatur, ditambah dengan adanya tempat untuk kaki berpijak.

Kelas ini juga menyediakan colokan listrik, selimut, televisi, meja makan yang tersedia di masing-masing kursi, toilet, AC, hingga wifi yang tersedia di beberapa kereta.

Waktu tempuh yang kereta eksekutif terbilang lebih cepat karena tidak berhenti di banyak stasiun.

4. Luxury

Ilustrasi kereta api kelas luxury (youtube.com/irjanailalulya)

Jika ingin jalan-jalan menggunakan kereta dan dilengkapi dengan kenyamanan ekstra, kereta api kelas luxury merupakan pilihan yang tepat.

Kereta api luxury atau sleeper train generasi pertama yang di perkenalkan pada 2018, hanya memiliki kapasitas 18 tempat duduk. Dilengkapi dengan fasilitas kursi yang empuk dan bisa disandarkan hingga kemiringan 170 derajat, pembatas antarpenumpang, entertaiment on board, laci penyimpanan, lampu baca, stop kontak dan headphone.

Pada generasi kedua yang diperkenalkan pada 2019, fasilitas yang diberikan kurang lebih sama dengan jumlah kapasitas mencapai 26 penumpang. Pada kelas ini, KAI juga memberikan fasilitas gratis berupa makan berat satu kali, aneka snack dan minuman.
(Fhm/sumber:idn)