Bandar Tinggi-Kuala Tanjung Kini Dilayani KA Datuk Belambangan, Tarif Hanya Rp 5.000

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 06/Des/2022 15:27 WIB
KA Datuk Belambangan(Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara) KA Datuk Belambangan(Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalukan soft launching kereta api (KA) Datuk Belambangan pada Jumat (2/12/2022).

KA Datuk Belambangan akan beroperasi di lintas pelayanan Tebing Tinggi-Lalang yang dibangun oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara menggunakan dana APBN.

Baca Juga:
Kecelakaan Kereta Api Datuk Blambangan VS Innova Reborn Pengakut 2 Orang, 1 Korban Tewas

Berdasarkan informasi dari Instagram Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara, pengoperasian KA Datuk Belambangan sangat dinanti masyarakat.

Kereta ini akan melayani lintas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung sepanjang 21,5 km'sp dengan dua perjalanan KA per hari dari Tebing Tinggi-Lalang pp.

Baca Juga:
KA Datuk Belambangan Tebing Tinggi-Lalang Setop Beroperasi Sementara

Adapun masyarakat yang ingin menggunakan layanan transportasi umum ini harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang per perjalanan.

Pengoperasian angkutan KA dilaksanakan oleh PT Kerata Api Divre I Sumatera Utara dengan menggunakan KA Lok CC K3 Premium.

Baca Juga:
Berapa Ongkos Naik Kereta Api Cepat Jakarta Bandung?

Untuk jalurnya, KA Datuk Belambangan akan melalui Stasiun Tebing Tinggi-Bandar Tinggi-Tanjung Gading-Lalang.

Diharapkan sarana ini bisa meningkatkan dan memberikan kemudahan mobilitas kepada masyarakat hingga mendorong perekonomian sekitar.

Sebagai informasi, jalur kereta api ini turut mendukung angkutan logistik di lintas Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung.

Lintas tersebut merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo.(fhm/sumber:kompas)