2 Anjing Naik Pesawat Kelas Bisnis dari AS ke Singapura, 17 Jam di Penerbangan

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 07/Des/2022 20:09 WIB
Pesawat dengan kelas bisnis. (Ilustrasi) Pesawat dengan kelas bisnis. (Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penerbangan Singapore Airlines baru-baru ini kedatangan dua tamu istimewa di kelas bisnis yakni dua anjing jenis Welsh Corgi milik Tommy Suriwong.

Dua anjing corgi juga naik pesawat kelas bisnis untuk penerbangan dari San Francisco, Amerika Serikat menuju Singapura. Suriwong memposting ceritanya di Facebook sambil bercanda bahwa kursi pesawat itu cocok untuk dua anjingnya yang bernama Peanut dan Mindy.

Suriwong dan keluarganya harus pindah dari AS ke Thailand dan memutuskan membawa dua anjing corgi ikut serta dengannya. Dua anjing itu pun mesti melalui penerbangan selama 17 jam dari San Francisco ke Singapura, sebelum terbang lagi ke Thailand.

"Singapore Airlines SQ33 rute SFO-SIN dengan area tempat duduk corgi bawaan," tulis Suriwong, yang mengambil sebuah penerbangan dengan pasangannya saat mereka pindah ke Thailand.

Staf Singapore Airlines memperlakukan dua anjing layaknya artis. Bahkan kru ground sempat bermain dan berfoto dengan Peanut dan Mindy sebelum pesawat lepas landas.

"Selama penerbangan, mereka (Peanut dan Mindy) hanya tidur dan minta dipeluk. Anjing kami juga berperilaku baik sehingga tidak menggonggong atau berlarian," ucap Suriwong, seperti dilansir NZ Herald.

Tapi, bagaimana bisa dua anjing ini ikut dalam penerbangan kelas bisnis, padahal Singapore Airlines melarang hewan peliharaan masuk kabin pesawat? Ternyata Mindy dan Peanut adalah pengecualian, karena mereka berstatus anjing pendamping.

Anjing pendamping biasanya dilatih khusus untuk membantu orang-orang dengan kebutuhan khusus seperti tunanetra. Tommy dan pasangannya sendiri membutuhkan anjing pendamping, karena untuk mendukung stabilitas mental mereka.

Mindy dan Peanut diketahui juga memiliki dokumentasi ESA (emotional support animal), lisensi transhipment untuk Singapura, dan izin impor untuk Thailand.

Tidak semua penumpang dalam penerbangan itu terkesan dengan keberadaan dua anjing corgi tersebut, namun Suriwong mengatakan, dia melakukan upaya untuk mengurangi dampak gangguan terhadap penumpang lain, seperti duduk di kursi dekat pintu keluar.

Singapore Airlines juga mengonfirmasi bahwa anjing-anjing itu tidak memiliki tempat duduk sendiri, tetapi duduk bersama Suriwong dan rekannya.(fhm/sumber:cnn)