Ada SO-6 Stasiun Manggarai, Jadwal KRL pada Jumat 9 Desember Alami Penyesuaian

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 08/Des/2022 14:44 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Besok Jumat malam 9 Desember 2022, di Stasiun Manggarai akan diaktifkan jalur 3 dan 4, yang merupakan bagian dari pelaksanaan Switch Over (SO)-6. Akibatnya sejumlah perjalanan KRL pada malam harinya akan mengalami perubahan jadwal.

Setelah melakukan pelaksanaan Switch Over (SO)-5 Stasiun Manggarai pada akhir Mei lalu, Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Dan Banten (BTPWJB) Direktorat Jenderal Perkeretaapian bekerjasama dengan KAI Commuter dan KAI DAOP 1 kembali melaksanakan Switch Over (SO)-6 Stasiun Manggarai pada Jumat, (9/12/2022) besok. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Untuk mendukung pelaksanaan SO-6 ini, KAI Commuter akan menyesuaikan jadwal perjalanan commuterline dengan membatalkan 40 perjalanan pada malam hari mulai pukul 22.30 WIB," terang VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Kamis (8/12/2022)

Berikut jadwal perjalanan Commuterline terakhir khusus Jumat 9 Desember 2022: 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Dijelaskan Anne, penyesuaian sebagian jadwal KRL ini dilakukan untuk memastikan keselamatan pekerjaan dan keselamatan perjalanan kereta khususnya perjalanan KRL yang akan melintas di Stasiun Manggarai. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Anne mengatakan, nantinya pada pelaksanaan SO-6 ini akan mengaktifkan jalur 3 dan 4 sebagai optimalisasi perjalanan kereta di Stasiun Manggarai. Sementara itu pelayanan penumpang KRL masih tidak berubah.

"Pasca SO-6 Manggarai ini pelayanan naik dan turun pengguna commuterline di Stasiun Manggarai tidak ada perubahan pelayanan," ujar Anne. 

Untuk pola operasi KRL juga masih tetap sama, KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 1.081 perjalanan commuterline tiap harinya yang dimulai pukul 04.00 – 24.00 WIB. 

Seperti yang kita ketahui bersama, Pembangunan Stasiun Manggarai sejak awal dilakukan dengan tetap melayani perjalanan kereta sebagai mobilisasi masyarakat dan merupakan lanjutan dari switch over sebelumnya. 

"Oleh karena itu Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan selama proses pembangunan ini dan terimakasih kepada pengguna yang terus mendukung adaptasi pola operasi commuterline yang baru dengan berbagai masukan," sambung Anne. (Fhm)