Bakamla RI Raih Penghargaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Award 2022

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 08/Des/2022 16:23 WIB
foto:istimewa/BakamlaRI foto:istimewa/BakamlaRI

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Baca Juga:
Dua Jabatan Direktur Kerja Sama dan Direktur Datin Bakamla RI Diserahterimakan

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bakamla RI mendapatkan penghargaan tertajuk Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Award 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy kepada Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kemarin. 

Bakamla RI berhasil mendapatkan penghargaan dari kategori Pelaksanaan Aktivitas Fisik terbaik. Sementara itu, kategori Pelaksanaan Deteksi Dini Penyakit dan Inovasi Terbaik diberikan kepada KPK. Kategori Peningkatan Kualitas Lingkungan Sehat Terbaik diberikan kepada Polri. Kategori Dukungan Komitmen Terbaik diberikan kepada Kemenhan. Dan kategori utama Pembudayaan Germas Terbaik diberikan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Baca Juga:
Bakamla RI Bangun Sistem Pemantauan Maritim Nasional di Kabupaten Bengkalis

Germas Award merupakan penganugerahan dari Presiden Joko Widodo kepada kementerian/lembaga terbaik dalam pelaksanaan pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Para pemenang penganugerahan tersebut diberikan piagam yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam rangkaian acara, Menko PMK, Muhadjir Effendy dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakannya Germas Award adalah untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian lintas sektor pemerintah. Termasuk optimalisasi keterlibatan sektor nonpemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Terutama dalam mengkampanyekan dan mendorong kesadaran masyarakat untuk terus membudayakan Germas agar menjadi budaya di setiap institusi dan masyarakat.

Baca Juga:
Tindaklanjuti Kerjasama, Bakamla Zona Tengah Terima Kunjungan Balai Karantina Pertanian Manado

Adapun pembudayaan Germas telah tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas. Selanjutnya, Muhadir Effendy juga mengatakan, pembudayaan Germas sangat memerlukan kesadaran, kemauan, dan kemampuan setiap pihak. Oleh karena itu, perlu usaha kerjasama yang erat dan sinergis oleh semua pihak. Peran aktif dari pihak swasta perlu digerakkan, agar dapat mendukung terselenggaranya setiap cluster dan pesan-pesan dari Germas dimasyarakat.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menyatakan rasa syukurnya atas penghargaan yang telah ditorehkan Bakamla RI, ini semua atas kinerja seluruh personel Bakamla. Laksdya TNI Aan Kurnia turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Menko PMK. “Terima kasih kepada Menko PMK yang telah menyelenggarakan ajang award ini, dan terima kasih atas penilaian profesionalnya kepada Bakamla RI”, ucap Laksdya TNI Aan Kurnia kepada Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Turut hadir pula mendampingi Kepala Bakamla RI, Kepala Biro Umum Laksma Bakamla Amin BC dan Inspektur Bakamla Laksma Bakamla Mulyono, M.Tr.Opsla., CFrA.(ahmad)