Hankook Tire Gandeng Permaisuri Optimis Penuhi Kebutuhan Pelanggan untuk Ban Mobil Listrik

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 09/Des/2022 16:19 WIB
foto:istimewa/hankook foto:istimewa/hankook

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Antusiasme masyarakat terhadap kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) semakin meningkat. Pemerintah pun bersiap memproduksi 600,000 unit mobil listrik, truk dan bus listrik menuju tahun 2030. Dalam menyambut inisiatif ini diperlukan integrasi tidak hanya oleh pemerintah dan produsen kendaraan, tetapi juga ketersediaan komponen penunjang EV dalam negeri seperti ban.

Baca Juga:
Simak Tips untuk Performa Mobil Tetap Terjaga Meskipun Cuaca Panas Melanda!

Produsen ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire baru-baru ini meluncurkan Hankook iON (diucapkan sebagai /ai’on/) di Indonesia, ban premium khusus kendaraan listrik dengan performa tinggi, yang terdiri dari dua jenis, yaitu Hankook iON Evo AS untuk segala cuaca dan Hankook iON Evo S untuk musim panas. Langkah ini merupakan strategi Hankook dalam mengimbangi permintaan mobil listrik yang semakin meningkat. 

“Sebagai ban generasi terbaru, ban iON memiliki daya cengkram yang lebih tinggi serta mendukung kilometer berkendara lebih panjang per pengisian baterai dibandingkan dengan ban standar konvensional. Hambatan gulir juga lebih rendah, dan dilengkapi dengan teknologi Hankook Sound Absorber™ untuk mengurangi kebisingan secara signifikan. Sehingga, lebih ramah lingkungan dengan mengurangi emisi CO2 lebih signifikan.” ungkap Yoonsoo Shin President Director PT. Hankook Tire Sales Indonesia. 

Baca Juga:
Kembangkan Ban Ramah Lingkungan, Hankook Tire Tandatangani MOU dengan Kumho Petrochemical

Untuk menjangkau pelanggan dengan lebih masif, Hankook Tire menggandeng Permaisuri yang merupakan salah satu partner ban Hankook di Indonesia. Permaisuri mengaku optimis bahwa tren ini akan berdampak terhadap permintaan ban EV. “Produsen ban EV di Indonesia terbilang masih terbatas. Hankook menjadi representasi brand yang tepat bagi kami untuk memperkenalkan fitur-fitur ban khusus mobil listrik kepada pelanggan.” ujar Wibowo Santosa, Pemilik Permaisuri. 

Wibowo juga menambahkan, Permaisuri kerap menerima pertanyaan mengenai perbedaan ban reguler dan ban khusus mobil listrik dari pelanggan. “Mobil listrik bobotnya biasanya lebih berat dari mobil biasa, lebih minim suara, dan menggunakan sistem pengereman regeneratif yang bisa mengubah panas menjadi daya listrik. Oleh karena itu, kebutuhan bannya juga berbeda, harus memiliki daya cengkram yang tinggi, kemampuan akselerasi, dan daya pengereman yang baik untuk mendukung karakter tersebut agar esensi mobil listrik yang didesain untuk efisiensi berkendara tetap terjaga. Perlu edukasi yang lebih luas mengenai hal ini kepada masyarakat,” ujar Wibowo.

Baca Juga:
Hankook Tire Luncurkan Ban SUV Ultra-High-Performance untuk Segala Musim

Sebelum ban EV hadir, Permaisuri mencatat bahwa varian Ventus Prime 3 (K125) dan Ventus S1 Evo3 (K127) berukuran 18 inci ke atas menjadi ban Hankook yang paling banyak dicari pelanggannya. Keduanya hadir dengan lebih disempurnakan dan sesuai untuk jenis mobil premium sedan, SUV maupun sport. 

“Pelanggan Permaisuri kebanyakan penggemar modifikasi kendaraan, sehingga mereka mencari produk ban premium yang bisa diandalkan secara mutu dan suplainya serta penampilan visualnya menarik. Hankook Tire mampu memenuhi kriteria tersebut,” ujar Wibowo. Ia juga menambahkan, tantangan lainnya adalah menyediakan ukuran yang bervariasi untuk ban jenis tertentu, karena banyak pelanggan yang memburu ukuran ban yang berbeda untuk sisi depan dan belakang. Hankook Tire, yang hadir dengan 405 ukuran ban memberikan keleluasaan memilih bagi pelanggannya.

Dalam menjaring pelanggan baru serta mempertahankan loyalitas pelanggan lama, Permaisuri menawarkan after-service dengan harga khusus untuk pembelian paket ban Hankook dengan Velg. Permaisuri juga berusaha meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan pelanggan dengan memberikan perawatan gratis untuk seluruh usia ban. Saat ini, Permaisuri beroperasi dengan empat cabang di Jakarta dan BSD, Tangerang Selatan, dan memasarkan produk Hankook Tire dengan rentang harga 1 hingga 4 juta Rupiah.(ahmad)

Tags :