Singapura Tambah Lagi 2 Kapal Selam Buatan Jerman

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 15/Des/2022 07:49 WIB
Kapal selam jenis ini mampu bergerak dengan kecepatan lebih dari 10 knot -- sekitar 19 kilometer per jam -- atau lebih dari 15 knot ketika menyelam.(sumber:Getty Images/Morris MacMatzen) Kapal selam jenis ini mampu bergerak dengan kecepatan lebih dari 10 knot -- sekitar 19 kilometer per jam -- atau lebih dari 15 knot ketika menyelam.(sumber:Getty Images/Morris MacMatzen)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Angkatan Laut Singapura secara resmi meluncurkan dua kapal selam terbaru. Kapal selam tersebut dibuat oleh perusahaan Jerman.

Dua kapal selam bernama Impeccable dan llustrious itu menjadi kapal selam kedua dan ketiga dari total empat kapal selam tipe 218SG yang dirakit oleh ThyssenKrupp Marine Systems (TKMS) untuk Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF). 

TKMS merupakan perusahaan German yang menyediakan kapal selam dan kapal-kapal jenia lainnya. 

Kapal selam pertama Singapura yang bernama Invincible dan diluncurkan tahun 2019 lalu juga dirakit oleh TKMS, serta diresmikan dalam seremoni serupa di Kiel, Jerman. 

Kapal selam kelas Invincible dirancang untuk operasional di perairan tropis Singapura yang dangkal dan sibuk. Kapal selam jenis ini memiliki kemudi buritarn berbentuk X untuk manuver yang lebih presisi, dan dilengkapi sistem propulsi yang didasarkan pada teknologi fuel cell.

Kapal selam jenisini memiliki kemudi buritan berbentuk X untuk manuver yang lebih presisi, dan dilengkapi sistem propulsi yang didasarkan pada teknologi fuel cell.

Hal itu memungkinkan kapal selam ini untuk tetap menyelam sekitar 50 persen lebih lama dibandingkan kapal selam jenis Archer.

Setiap kapal selam akan diawaki 28 personel nantinya.

Memiliki panjang 70 meter dengan muatan lebih besar untuk delapan tabung torpedo, kapal selam jenis ini mampu bergerak dengan kecepatan lebih dari 10 knot -- sekitar 19 kilometer per jam -- atau lebih dari 15 knot ketika menyelam.(fhm/sumber:Getty Images/Morris MacMatzen)