Penumpang Berlari-Lari Kejar KRL di Stasiun Bekasi

  • Oleh : Fahmi

Senin, 19/Des/2022 07:43 WIB
Petugas melakukan pengamanan dan imbauan kepada penumpang KRL di gerbang tap tiket Stasiun Bekasi, Senin (19/12/2022). Petugas melakukan pengamanan dan imbauan kepada penumpang KRL di gerbang tap tiket Stasiun Bekasi, Senin (19/12/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Penumpang KRL Commuterline saat memasuki Stasiun Bekasi tampak ramai dan mengalir pada Senin (19/12/2022) pagi. Hal itu terlihat pada dua akses masuk baik dari selatan maupun utara stasiun.

Sebelumnya, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Dan Banten (BTPWJB) Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub bekerjasama dengan KAI Commuter dan KAI DAOP 1 Jakarta telah pelaksanaan Switch Over (SO) Stasiun Bekasi pada Jumat (16/12/2022) lalu.

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

"Iya sudah di SO jalurnya, kalau operasional seperti biasa masih," ujar petugas di stasiun tersebut. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id jalur akses penumpang KRL dan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) tambak dibedakan dan berjarak. Penumpang KRL terlihat ramai di bagian sendiri dan juga penumpang KAJJ tidak seramai penumpang KRL namun ruang tunggu tampak terisi padat.

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Banyak penumpang yang berlarian di area gedung baru karena tidak ingin ketinggalan rangkaian pada pagi ini. 

Sebelum masuk, pada luar bangunan stasiun baru, penumpang diwajibkan menujukan sertifikat vaksin atau melakukan scan QR Aplikasi Peduli lindungi.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Banyak penumpang langsung masuk dan melakukan tap tiket untuk selanjutnya masuk ke bagian peron KRL

Peron KRL juga tampak ramai, banyak penumpang yang menanti rangkaian. Stasiun ini memberangkatkan penumpang KRL ke arah Kampung Bandan, Angke dan Cikarang.

Petugas terlihat banyak yang berjaga untuk mengatur alur masuk dan keluar penumpang KRL. Penumpang turun juga ramai terlihat akan meninggalkan area stasiun.

Penumpang masuk terus mengalir tanpa penyekatan, sejumlah penumpang lanjut usia, ibu, hamil juga terlihat pada jalur masuk. Penumpang tersebut berjalan melewati tangga hingga selanjutnya melakukan tap tiket dan naik KRL. Alur masuk penumpang tidak henti-hentinya terus mengisi jalur masuk di stasiun. 

Terlihat mulai pukul 6.00, penumpang KRL merupakan pengguna harian atau langganan yang biasa memulai aktivitas dengan angkutan masal, begitu juga penumpang keluar.

Penumpang terlihat pada pintu tap tiket terus masuk mengalir tanpa henti. Penumpang terus berdatangan dari arah selatan atau utara stasiun.

Ketersediaan KRL saat ini di Stasiun Bekasi terus ada tanpa jeda yang lama. KRL ada yang telah memulai perjalanan dari arah Cikarang maupun arah Stasiun Transit Manggarai.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, saat ini KAI Commuter tetap menjalankan 1.081 perjalanan commuterline mulai pukul 04.00-24.00 WIB dengan mengoperasikan 95 rangkaian kereta. 

Penumpang Meningkat Jelang Nataru 

Memasuki akhir pekan menjelang libur Natal dan Tahun Baru, KAI Commuter mencatat adanya kenaikan volume pengguna commuterline sebanyak 6 persen pada Ahad (18/12/2022).

"Hingga pukul 14.00 WIB Volume pengguna commuterline pada hari Minggu, (18/12)  sebanyak 280.683 orang," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

Angka tersebut naik sebanyak 6% jika dibanding minggu lalu di waktu yang sama atau sejumlah 263.680 orang.

Anne mengatakan, hingga siang ini stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak yaitu Stasiun Bogor dengan volume pengguna sebanyak 15.101 orang diikuti Stasiun Tanah Abang sebanyak 11.537 orang dan Stasiun Bekasi sebanyak 10.330 orang.(fhm)