Ini 4 Rute Favorit Penerbangan Selama Natal-Tahun Baru, Silangit hingga Bali

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 20/Des/2022 11:10 WIB
Ilustrasi  Bandara Silangit (foto.dok) Ilustrasi Bandara Silangit (foto.dok)

TANGERANG (Beritatrans.com) - Executive General Manager Angkasa Pura (AP) II Dwi Ananda Wicaksana menyebutkan, ada empat tujuan penerbangan yang diprediksi paling banyak dikunjungi selama libur Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Keempat tujuan penerbangan tersebut adalah Bandara Silangit di Siborong-borong, Bandara Kuala Namu di Medan, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, dan Bandara Ngurah Rai di Bali.

Baca Juga:
Super Air Jet Buka Rute Baru Surabaya-Kupang PP, Ini Jadwalnya!

"Berdasarkan data Naral dan tahun baru, rute favorit (penerbangan) yakni Silangit, Medan, Makassar, dan Denpasar," ujar Dwi saat dijumpai di Gedung AP II Soekarno-Hatta, Senin (19/12/2022).

Dwi menjelaskan, rute penerbangan favorit itu berdasarkan banyaknya jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta ke sana.

Baca Juga:
Batik Air Tambah Rute dan Jadwal Terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Mulai 1 Oktober 2022

Puan Dorong Pemerintah, TNI dan Polri untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Meskipun Dwi tidak bisa memerinci lebih detail berapa jumlah penumpang yang diprediksikan akan memilih rute favorit itu, tetapi menurutnya keempat rute itu menjadi favorit bukan tanpa alasan.

Libur Natal akan bertepatan dengan libur sekolah dan tahun baru sehingga masyarakat cenderung akan memilih tempat-tempat yang banyak destinasi wisata.

"Kemungkinan ada arus penumpang yang berangkat dengan adanya berbarengan dengan liburan sekolah sehingga Denpasar juga campur dari ibadah Natal dan liburan," ucap dia.

Sementara itu, rute favorit penerbangan masyarakat ke luar negeri saat Natal dan tahun baru adalah Singapura dan Thailand.

Meskipun penumpang terus bertambah, lonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta diprediksi akan mencapai puncak pada H-2 sebelum perayaan Natal 2022, yakni Jumat (23/12/2022).

Pada kondisi normal, mobilitas penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta berkisar 120.000-130.000 orang per hari.

Namun, sejak Jumat (16/12/2022), jumlah itu meningkat hingga sekitar 140.000 orang per hari.

Diperkirakan jumlah penumpang pada H-2 perayaan Natal 2022 akan mencapai sekitar 159.000 penumpang per hari.

Dengan begitu, peningkatan jumlah penumpang harian ini mencapai 12 persen dibandingkan kondisi normalnya.(ny/Sumber:detik.com)