2 Ruas Tol di Pekanbaru Disiapkan untuk Libur Nataru

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 23/Des/2022 15:25 WIB
Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro saat meninjau dua ruas tol di Pekanbaru.(Dok. PT Hutama Karya Persero) Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro saat meninjau dua ruas tol di Pekanbaru.(Dok. PT Hutama Karya Persero)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Hutama Karya (Persero) memastikan kelancaran arus lalu lintas (lalin) Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di dua ruas jalan tol Pekanbaru dengan total panjang 160 kilometer.

Keduanya adalah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang.

Baca Juga:
Jalan Tol Lima Puluh-Kisaran Beroperasi Gratis

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro meninjau kesiapan dengan menyusuri secara langsung dua ruas tol tersebut, sejak Rabu (21/12/2022) hingga Kamis (22/12/2022) untuk mengetes kelancaran dan penyediaan pelayanan yang ada.

“Setelah saya cek secara langsung, kedua jalan tol ini sudah siap dilalui dengan aman dan nyaman," ungkap dia dalam rilis, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga:
Tol Indrapura-Kisaran Segera Terhubung Penuh, Waktu Tempuh jadi Makin Singkat

Dari sisi keamanan, petugas juga telah berkolaborasi dengan Kepolisian Daerah (Polda) daerah setempat untuk mendirikan pos pengamanan yang terletak di Akses Gerbang Tol (GT) Minas, GT Kandis Utara, GT Pinggir, dan GT Dumai.

Kemudian, Rest Area KM 45 A dan KM 82 B di Tol Permai dan GT Bangkinang di Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Baca Juga:
Jalan Tol PSN Ruas Pekanbaru-Rengat Sepanjang 206 KM Sudah Mulai Konstruksi

Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan di GT telah disiapkan juga Mobile Reader (MR) asongan.

Koentjoro juga mengatakan, kedua ruas tol ini telah dilengkapi dengan Rest Area sementara.

Contohnya, di Tol Permai sendiri, terdapat 4 Rest Area Temporary di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B, dan KM 82 Jalur A dan B.

Sedangkan di Tol Pekanbaru-Bangkinang yang saat ini sedang dioperasikan tanpa tarif atau masih belum berbayar juga telah dilengkapi oleh Rest Area Mini di GT Bangkinang.

Ini didalamnya terdapat tenant (penyewa) makanan, minimarket, toilet, mushola, SPBU Modular dan masih banyak lagi.

Koentjoro juga mengatakan, peningkatan trafik pada (21/12) juga sudah mulai terlihat di Tol Permai, dimana terdapat peningkatan sebesar 18,37 persen jika dibandingkan lalin normal sebelum momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Kami memprediksi puncak dari arus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini akan terjadi pada hari Jum’at (23/12/2022)," lanjutnya.

Sebab, masyarakat yang ingin kembali ke kampung halamannya dari arah Pekanbaru ke arah Dumai atau sebaliknya dan dari Bangkinang menuju arah Sumatra Barat atau sebaliknya.(fhm/sumber:kompas)