Kereta Panoramic Sudah Meluncur, Ini Jadwal dan Fasilitasnya!

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 24/Des/2022 18:39 WIB
Kereta panoramic mulai dioperasionalkan sebagai layanan untuk masa Natal dan Tahun Baru. (Foto/dok.KAI) Kereta panoramic mulai dioperasionalkan sebagai layanan untuk masa Natal dan Tahun Baru. (Foto/dok.KAI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tiket Kereta Panoramic sudah dijual sejak Jumat (23/12/2022) dan bisa dicoba mulai Sabtu (24/12/2022). Diklaim sebagai yang pertama di Indonesia, kereta ini memiliki jendela lebar untuk menikmati pemandangan.

"Kereta Panoramic merupakan bentuk inovasi KAI untuk meningkatkan layanan, khususnya pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru ini," tutur VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga:
KAI Daop Jakarta Layani Lebih 1 Juta Penumpang Naik Turun di Stasiun Gambir dan Pasar Senen Selama Nataru

Lebih lanjut, Kereta Panoramic ini akan dirangkaikan ke perjalanan kereta api (KA) Taksaka Tambahan, relasi Gambir-Yogyakarta pergi-pulang (PP), dan beroperasi mulai Sabtu 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Simak jadwal, rute, dan promo tiket Kereta Panoramic selengkapnya:

Baca Juga:
Liburan Akhir Tahun, Bebas Macet Dan Nyaman dengan Kereta Api

Jadwal dan rute Kereta Panoramic

Berikut adalah jadwal KA Taksaka Tambahan Kereta Panoramic selama periode soft launching, tepatnya dari 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023:

• KA 7011C berangkat dari Yogyakarta pukul 21.40 WIB, dan tiba di Gambir pukul 05.33 WIB.

• KA 7012C berangkat dari Gambir pukul 10.40 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 18.39 WIB.

• KA 7025B berangkat dari Yogyakarta pukul 12.00 WIB dan tiba di Gambir pukul 19.30 WIB.

• KA 7026B berangkat dari Gambir pukul 23.45 WIB dan tiba di Yogyakarta pukul 07.50 WIB.

Baca Juga:
Pemesanan Tiket KAJJ Nataru dari Daop 1 Jakarta Diserbu Penumpang, Menyisakan Sekitar 390 Ribuan Lagi

Pada setiap perjalanan tersebut, KAI akan mengoperasikan satu Kereta​ ​Panoramic dengan kapasitas 46 tempat duduk.

Joni mengatakan, Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia.

"Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya, dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis," ujar Joni.

Tak hanya itu, fasilitas lainnya Kereta Panoramic meliputi kursi yang dapat diputar menghadap jendela, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, serta toilet dengan sensor otomatis.

Berikutnya ada pula televisi di dinding ujung kereta dan rak bagasi khusus di ujung lainnya.

"Pelanggan Kereta Panoramic juga mendapat layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma," imbuhnya.

Dalam rangka memperkenalkan Kereta Panoramic ini, KAI memberikan promo berupa diskon tarif untuk pembelian tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic.

"Selama masa promo (24 Desember 2022-8 Januari 2023) tiket KA Taksaka Tambahan Panoramic dijual mulai dari Rp 750.000," kata Joni, Jumat.

Sebagai informasi, kuota tiket promo KA Taksaka Tambahan Panoramic tersedia dalam jumlah terbatas, dan bisa dipesan lewat aplikasi KAI Access, laman KAI, dan seluruh kanal penjualan resmi KAI lainnya.(fhm)