Menhub Ungkap India dan Arab Saudi Berminat Beli Saham Bandara Kertajati

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 28/Des/2022 14:12 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan ada dua negara menyatakan minatnya untuk membeli saham Bandara Kertajati di Jawa Barat. Kedua negara tersebut, India dan Arab Saudi 

Hal tersebut diungkapkan setelah dia melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kedua negara itu dan negara Timur Tengah beberapa waktu lalu. Dia mengaku telah membahas itu dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

"Kami menawarkan bersama Pemda Jabar, menawarkan untuk kita diskusi. Dari India dan Saudi berminat untuk membeli saham dari Kertajati (Bandara) dengan harapan ada interest yang khusus dari internasional kepada kertajati sehingga konektivitas di Kertajati itu bertambah," kata dia dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenhub, Capaian Kinerja 2022 dan Rencana Kerja Kemenhub 2023, Selasa (27/12/2022). 

Dalam kunjungannya, Menhub juga meminta sejumlah maskapai besar asal Arab Saudi, Qatar, dan Uni Emirat Arab untuk membuka penerbangan langsung ke Bandara Kertajati. 

Baca Juga:
Bandara Kertajati Terus Upaya Penambahan Rute Penerbangan

"Pada dasarnya untuk Saudi, Qatar, Etihad dan Emirates kami minta penerbangan silakan dalam jumlah yang besar. Kepada Saudi, kami minta secara khusus mendedikasikan penerbangan dari Saudi langsung ke Kertajati," ujar dia. 

Di sisi lain, dia menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar Bandara Kertajati tidak hanya untuk melayani angkutan penumpang, tapi juga bisa dikembangkan untuk angkutan kargo dan bengkel pesawat. 

Baca Juga:
Menhub Tinjau Bandara Internasional Jawa Barat, Persiapan Angkutan Lebaran

"Bapak Presiden sangat setuju juga Kertajati bisa jadi MRO (Maintenance, Repair, and Overhaul) dan juga untuk kargo karena dekat Patimban dan itu sangat baik," tuturnya.(fhm)