PLN Apresiasi Dukungan INSA Jaga Stok Batubara di 17 PLTU

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 30/Des/2022 19:16 WIB
Pasokan batubara (dok/ist) Pasokan batubara (dok/ist)


JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT PLN (Persero) mengapresiasi peran dan dukungan DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) dalam turut menjaga keamanan pasokan batubara selama tahun 2022. 

Setelah sempat mengalami krisis pasokan batubara untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) pada awal 2022, kini pasokan batubara dapat terjaga dengan aman di level stock mencapai 20 Hari Operasi.

Baca Juga:
INSA Jaya Bersama Bea Cukai Tanjung Priok Gelar Pelatihan Teknologi CEISA 4.0

Amannya stok batubara di PLTU tersebut tercapai di tengah tantangan lonjakan harga batubara ekspor yang mencatatkan rekor tertinggi sepanjang sejarah yakni di atas 400 USD per metrik ton.

Dalam suratnya ke DPP INSA, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, keberhasilan PT PLN mengubah kondisi krisis pada awal tahun menjadi kondisi aman di akhir tahun 2022 tersebut dapat terwujud berkat dukungan berbagai stakeholder kunci, termasuk INSA dalam terpenuhinya kebutuhan armada kapal (vessel dan tongkang) untuk mengangkut batubara dari pelabuhan muat sumber tambang ke PLTU.

Baca Juga:
Dalam Rapat Umum Anggota, Ketua Umum DPP INSA Ajak Semua Pihak Bergandengan Tangan Menuju Indonesia Maju

"Memerhatikan hal-hal di atas, kami dengan segala kerendahan hati menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Ketua beserta seluruh jajaran pengurus serta anggota INSA atas dukungan yang luar biasa kepada PT PLN," ujar Darmawan seperti dikutip dari surat PT PLN kepada DPP INSA.

Pada April lalu, PT PLN (Persero) juga telah memberikan penghargaan kepada DPP INSA atas dukungannya saat mengatasi krisis energi primer pada awal 2022 ini.

Baca Juga:
The 59th FASA Executive Committee Meeting Tetapkan Ketum DPP INSA sebagai Ketua FASA Periode 2024-2026

Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Dirut kepada Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto. 

Carmelita mengatakan, amannya pasokan batubara di PLTU pada akhir tahun ini patut disyukuri dan diusahakan agar bisa terus terjaga dengan aman, sehingga krisis pasokan batubara yang sempat terjadi tidak terulang kembali. 

Seperti diketahui, pasokan batubara di 17 PLTU milik PLN sempat mengalami kekurangan pada awal 2022. 

Carmelita menceritakan, yang terjadi saat itu INSA mengkonsolidasikan seluruh perusahaan pelayaran nasional untuk mengerahkan seluruh armada kapal curah agar memasok batubara di PLTU dalam negeri.

"Berkat komitmen nasionalisme dan sinergi INSA-PLN serta dukungan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi juga Kementerian Perhubungan, pasokan batubara di PLTU milik PLN kembali aman dan keluar dari ancaman krisis energi," ungkapnya di Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Pelayaran nasional berkomitmen mengutamakan kepentingan nasional demi menjaga ketahanan energi Indonesia. 

"Namun tentu, keberhasilan menjaga stok batubara bukan karena peran INSA semata, tapi juga berkat peran besar PLN dan seluruh stakeholder lainnya,” kata dia.

Selain itu, Carmelita menilai, keberhasilan mengerahkan armada merah putih untuk menjamin kelancaran dan terpenuhinya armada pelayaran untuk memasok batubara di dalam negeri menjadi bukti nyata dampak positif dari konsistensi penerapan asas cabotage di Indonesia. 

“Asas cabotage telah memberikan dampak positif bagi Indonesia, khususnya dalam menghadapi masa krisis seperti saat terjadi kriris energi waktu itu. Untuk itu, kita harus terus konsistensi menerapkan asas cabotage ini," pungkasnya. (omy)