Stasiun Tawang Semarang Terendam Banjir Sabtu, 31 Desember 2022

  • Oleh : Dirham

Sabtu, 31/Des/2022 17:02 WIB
 Stasiun Semarang Tawang terendam banjir. Stasiun Semarang Tawang terendam banjir.

SEMARANG (BeritaTrans.com) - Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang membuat kawasan bawah kota tersebut dilanda banjir yang cukup serius. Sejumlah fasilitas publik tergenang cukup tinggi. Satu diantaranya Stasiun Tawang Semarang.

Dari pantauan hingga Sabtu siang, 31 Desember ini, ruang tunggu utama dan peron stasiun tidak bisa difungsikan karena terendam banjir setinggi hampir 1 meter. 

Para calon penumpang pun harus berjibaku untuk bisa sampai stasiun karena area sekitarnya juga dilanda banjir cukup tinggi. 

Mereka harus rela jalan kaki menerjang genangan setinggi paha karena mobil yang ditumpanginya mogok.

"Iya, tadi dari Demak kota pakai mobil. Terus maksa masuk tadi di sekitar Pasar Johar, malah mogok. Kita lanjut pakai ojek, eh mogok juga di tengah. Terpaksa naik becak," kata Julian, calon penumpang. 

Akibat banjir di Stasiun Tawang, para calon penumpang terpaksa menunggu di kursi bagian luar yang juga terendam, karena ruang tunggu di bagian tiketing penuh.  

Dari informasi di bagian CS Stasiun Tawang, kereta api sejak Sabtu pagi mengalami keterlambatan datang satu hingga dua jam. Sedangkan untuk berangkat masih belum diperkirakan berapa lama mengingat di beberapa titik di Kendal ada rel yang rusak yang mengganggu perjalanan kereta api. 

Selain Stasiun Tawang, sejumlah titik juga terendam banjir. Berikut titik-titik yang tergenang: 

1. Kawasan Pasar Johar Genangan air mencapai 30 hingga 50 sentimeter atau setinggi lutut orang dewasa terjadi di Jalan H. Agus Salim depan Pasar Johar. Genangan juga terpantau lumayan tinggi di depan Masjid Kauman dan Aloon-Aloon Semarang. Air terpantau lebih dalam di Jalan Pemuda depa Kantor Pos. Banyak pengendara yang nekat menerjang sehingga motor mereka mogok. 

2. Kota Lama Kawasan wisata heritage ini menjadi salah satu pusat keramaian favorit untuk merayakan malam tahun baru. Sejumlah acara sudah disiapkan oleh pengelola wisata kuliner di tempat itu termasuk hiburan musik. Tapi banjir yang melanda kawasan ini membuat acara-acara tersebut terancam batal. Pasalnya, kawasan ini terendam banjir hingga ketinggian setengah meter. Bahkan di area belakang Gereja Blenduk ada yang hampir 1 meter. 

3. Jalan Kaligawe Jalur pantura penghubung Semarang dengan Demak hingga daerah lain ke arah Surabaya terendam banjir cukup tinggi. Terpantau di depan Rumah Sakit Sultan Agung ketinggian genangan air mencapai setengah meter. Praktis hanya kendaran besar seperti truk yang berani lewat. Kendaraan kecil jika nekat harus rela mogok. 

4. Stasiun Tawang Genangan air akibat luapan Sungai Semarang dan Polder Tawang membuat banjir menggenangi stasiun ini. Terpantau di bagian ruang tunggu utama dan peron, ketinggian banjir mencapai pinggang orang dewasa. Praktis operasional stasiun terganggu. Sejumlah kereta mengalami keterlambatan lebih dari tiga jam. Itu pun pada pagi hingag siang. Belum bisa diprediksi berapa lama keterlambatan pada malam hingga hari berikutnya mengingat ada beberapa kerusakan di jalur rel.  (ds/sumber Viva.co.id)