Sekretaris BPSDMP Nyatakan Siap Dukung Kebutuhan SDM di Simpul Transportasi

  • Oleh : Naomy

Selasa, 03/Janu/2023 11:53 WIB
Sekretaris BPSDMP tinjau pelabuhan Belawan Sekretaris BPSDMP tinjau pelabuhan Belawan


MEDAN (BeritaTrans.com) - Sekretaris Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Heri Sudarmaji monitoring angkutan Nataru di Provinsi Sumatera Utara.

Menurutnya, BPSDMP siap penuhi kebutuhan SDM Transportasi yang memiliki kompetensi di simpul transportasi di Sumatera Utara.

Pada monitoring angkutan Nataru kali ini, Sekretaris BPSDMP mengunjungi beberapa Sarana dan Prasarana Transportasi di provinsi Sumatera Utara, yaitu Bandara Internasional Silangit, Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Stasiun Besar Medan, dan Terminal Tipe A Amplas Medan.

Selain memantau berjalannya angkutan Nataru, Sekretaris BPSDMP juga menyoroti kebutuhan SDM di sarana dan prasarana Transportasi, yaitu pada Pelabuhan Muliaraja Napitupulu dan Terminal Tipe A Amplas Medan.

"Pelabuhan Muliaraja Napitupulu contohnya, yang merupakan Pelabuhan Penyeberangan di bawah unit kerja baru Ditjen Hubdat yaitu Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba. Wilayah kerja KSOPP ini meliputi 13 pelabuhan penyeberangan di seluruh 
Danau Toba," ujar Heri, Selasa (3/1/2023).

Untuknya penambahan SDM berkompeten dari BPSDMP yang siap pakai, termasuk sertifikat kompetensi yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pelabuhan.

Selain itu Terminal Tipe A Amplas Medan yang baru saja direvitalisasi juga masih kekurangan SDM petugas Terminal.

"Dari monitoring ini juga didapatkan SDM petugas terminal masih kurang, oleh karenanya BPSDM siap membantu dengan menyalurkan lulusan pola pembibitan yang belum tersalurkan ke Pemda, selain itu pengemudi Trans Metro Deli yang belum memiliki sertifikat mengemudi juga akan diberikan pelatihan oleh BPSDM," tambahnya.

Pada tiga hari monitoring Nataru di Provinsi Sumatera Utara ini didapatkan bahwa penyelenggaraan angkutan Nataru relatif ramai dan tidak terdapat kejadian menonjol.

Seperti pada Bandara Internasional Silangit, berdasarkan data kedatangan pesawat mulai 18 Desember s.d. 30 Desember 2022 terdapat jumlah penumpang lebih dari 19.000 orang. Puncak kedatangan terjadi pada hari Kamis, 29 Desember 2022. Lalu pada Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, terdapat 32 trip/perjalanan kapal dengan jumlah total penumpang lebih dari 2.000 orang.

Kemudian pada Stasiun Besar Medan, berdasarkan hasil komunikasi dengan penumpang Moda Kereta Api menjadi salah satu andalan warga Medan, karena kepastian waktu perjalanan terutama pada saat libur nataru daripada menggunakan moda lain, terakhir meninjau Terminal Tipe A Amplas Medan. (omy)