Bandara Dhoho Kediri Beroperasi Mulai Agustus 2023

  • Oleh : Naomy

Kamis, 05/Janu/2023 21:57 WIB
Suasana di salah satu Bandara Angkasa Pura I Suasana di salah satu Bandara Angkasa Pura I

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Dhoho Kediri, Jawa Timur akan mulai beroperasi pada Agustus 2023.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi menyampaikan, Bandara Dhoho akan alternatif selain Juanda di Sidoardjo.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

"Bandara baru yang akan kami dioperasikan itu dibangun oleh Gudang Garam, tbk," ujar Faik, Kamis (5/1/2023).

Pada 2020, Angkasa Pura I telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Gudang Garam terkait rencana kerjasama pengelolaan Bandara Dhoho.

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Bandara di Kediri ini menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN). Tidak hanya itu, Bandara Dhoho Kediri yang dibangun dengan anggaran Rp9 triliun ini juga digadang menjadi gerbang alternatif menuju Jawa Timur selain dari Bandara Juanda Surabaya.

"Ini bisa jadi alternatif bagi masyarakat Kediri dan sekitarnya," ujar Faik.

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Angkutan Lebaran

Secara geografis, Dhoho terletak di Desa Grogol, Kecamatan Grogol dan Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Jarak Desa Grogol ke Pusat Kota Kediri sekitar 13 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sementara jarak dari Bandara Juanda Sidoarjo sekitar 120 km dengan waktu tempuh 1,5 hingga 2 jam perjalanan via jalan tol. Sedangkan jarak dari Bandara Abdul Rachman Saleh Malang sekitar 87 km dengan waktu tempuh perjalanan darat 3 hingga 4 jam.

"Jadi memang, posisi bandara ini dibangun di Desa Grogol kecamatan Grogol jaraknya 13 Km dari pusat kota kediri atau waktu tempuhnya sekitar 30 menit," pungkas Faik. (omy)