Kereta Api 18 Gerbong Mogok di Perlintasan Sukun Malang, Begini Kata KAI

  • Oleh : Redaksi

Senin, 09/Janu/2023 14:16 WIB
Kereta pengangkut BBM yang mogok saat melintas di perlintasan sebidang Jalan Kolonel Sugiono Kecamatan Sukun Kota Malang, Ahad (8/1/2023). Kereta pengangkut BBM yang mogok saat melintas di perlintasan sebidang Jalan Kolonel Sugiono Kecamatan Sukun Kota Malang, Ahad (8/1/2023).

MALANG (BeritaTrans.com) - Sebuah kereta api (KA) pengangkut bahan bakar minyak (BBM) mendadak mogok saat melintas di perlintasan sebidang di Jalan Kolonel Sugiono, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Ahad (8/1/2023) sekitar pukul 12.40 WIB.

Informasi yang dihimpun wartawan, pada awalnya kereta itu berjalan dari Stasiun Malang Kota Lama mengarah ke utara. Namun ketika melintas di perlintasan sebidang, tiba-tiba kereta itu berhenti.

Baca Juga:
Penumpang Kereta Jarak Jauh yang Nyoblos Pemilu 2024 Dapat Mawar dan Coklat

Akibat kejadian itu, arus lalu lintas di lokasi terhambat dan mengalami kemacetan.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif membenarkan adanya kejadian tersebut.

Baca Juga:
Libur Panjang Isra Miraj dan Imlek, KAI Daop 8 Surabaya Jalankan 49 Kereta Api

"Jadi, lokomotif tersebut menarik 18 gerbong BBM kosong dari Stasiun Malang Kota Lama dan rencananya menuju arah Surabaya. Ketika melintas di perlintasan sebidang, tenaga lokomotif itu melemah lalu berhenti," ujarnya kepada wartawan dikutip Senin (9/1/2023).

Melihat kejadian itu, petugas teknis dari PT KAI Daop 8 Surabaya langsung bergerak cepat melakukan evakuasi kereta mogok tersebut.

Baca Juga:
Daop 8 Surabaya Berangkatkan 5,4 Juta Penumpang Kereta Api Selama 2023

"Petugas langsung berkomunikasi dengan pihak Stasiun Malang. Tak lama kemudian, lokomotif penolong dari Stasiun Malang tiba dan mendorong rangkaian kereta BBM itu  kembali ke Stasiun Malang Kota Lama," jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, bahwa proses evakuasi kereta berlangsung cepat dan setelah dievakuasi, arus lalu lintas di lokasi kembali lancar.

"Kurang lebih selama 15 menit, kereta BBM itu mogok. Dan kejadian mogoknya kereta BBM ini, tidak mengganggu jadwal kereta api yang lain," pungkasnya.(fhm/sumber:suryamalang)