Indoor Multifunction Stadium GBK Ditagerkan Kementerian PUPR Tuntas Bulan Juni Tahun Ini

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 11/Janu/2023 12:59 WIB
Pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup pada Agustus tahun ini. ANTARA/HO - Kementerian PUPR Pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup pada Agustus tahun ini. ANTARA/HO - Kementerian PUPR

Jakarta (Beritatrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta seluruhnya tuntas pada Juni 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur olahraga bola basket tersebut merupakan bagian dari dukungan pembinaan atlet nasional supaya lebih berprestasi di tingkat internasional.

"Pada SEA Games lalu, basket sudah juara, setelah memiliki stadion ini, prestasi harus lebih ditingkatkan. Jadi KPI-nya (indikator kinerja) harus prestasi," ujar Basuki di Jakarta, Rabu ( 11 Januari 2023).

Dalam rangka menyambut pelaksanaan FIBA World Cup yang  akan digelar pada Agustus 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya segera menyelesaikan konstruksi Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Progres fisik pembangunannya telah mencapai 74 persen dan ditargetkan tuntas seluruhnya pada Juni 2023.

Basuki juga berpesan agar stadion yang sudah dibangun dengan biaya APBN tersebut dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembinaan prestasi atlet Nasional.

"Kenapa konsepnya multifungsi, karena bisa untuk konser dan olahraga. Teknologinya teleskopik tribun. Lokasinya di tengah kota dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas, sehingga sudah tepat konsepnya multifungsi, dan selanjutnya harap diperhatikan aspek pemeliharaannya," kata Basuki.

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 30.270 m2 milik Kementerian Sekretariat Negara di bawah pengelolaan PPK-GBK. Bangunannya sendiri seluas 50.398 m2 dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang.

Baca Juga:
Danamon, Adira Finance dan MUFG Hadir Kembali di IIMS Surabaya 2023 Usung KPM Prima dan Berbagai Promo

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan pemasangan struktur terakhir pada atap tertinggi pada bangunan IMS di lantai 5.

"Acara topping-off  akan dihadiri langsung oleh Bapak Presiden RI Jokowi. Jadwal pastinya masih kami tunggu. Acara ini merupakan penanda berakhirnya kegiatan konstruksi dan akan dilanjutkan dengan kegiatan finishing hingga tuntas seluruhnya pada Juni 2023," kata Endra. (sof/Sumber:Antaranews.com).

 

Baca Juga:
BNI Hadirkan e-Imsakiyah, Akses Mudah dan Praktis Seputar Informasi Ramadan