Ini 10 Fokus Program Kemenhub Tahun 2023 dengan Pagu Anggaran Rp31,71 Triliun

  • Oleh : Naomy

Rabu, 18/Janu/2023 21:05 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi Menhub Budi Karya Sumadi

 JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan memeroleh pagu anggaran tahun 2023 senilai Rp31,71 triliun.

Adapun program dan kegiatan Kemenhub menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada tahun 2023, akan difokuskan pada 10 prioritas kegiatan.

Baca Juga:
Kemenhub Luncurkan Slogan Angleb "Mudik Ceria, Penuh Makna"

"Pertama melanjutkan pengembangan infrastruktur Konektivitas yang produktif dan mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah," tuturnya di Gedung DPR, Rabu (18/1/2023).

Selanjutnya mendukung dan meningkatkan keselamatan transportasi.  Mendukung Program Peningkatan SDM Sektor Transportasi; Mendukung Pemerataan Pembangunan Nasional dan menyentuh daerah terpencil, terluar dan terdepan.

Baca Juga:
Kemenhub Dorong Digitalisasi di Sektor Transportasi

"Melaksanakan Program Pro Kerakyatan dan mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," ungkap Menhub.

Selain itu, memastikan keberlanjutan Program Multi Years Contract (MYC) dan Pemenuhan Prioritas Nasional (PN) dan Proyek Strategis Nasional (PSN); Pemenuhan kebutuhan pokok (belanja gaji dan Operasional) secara proporsional, penyelesaian Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) dan tunggakan serta pemenuhan dana pendamping.

Baca Juga:
Kemenhub Susun Rencana Kerja dan Anggaran Tahun 2025

Melakukan perencanaan dan pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) dan transportasi massal perkotaan; Mendukung inovasi, digitalisasi layanan perizinan serta mengoptimalkan skema creative Financing.

Terakhir, mendorong penggunaan energi baru terbarukan melalui pemanfaatan mobil listrik dan kendaraan ramah lingkungan dengan dukungan Smart Transportation. (omy)