Tindaklanjuti Kerjasama, Bakamla Zona Tengah Terima Kunjungan Balai Karantina Pertanian Manado

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 20/Janu/2023 11:57 WIB
foto:istimewa/BakamlaRI foto:istimewa/BakamlaRI

MANADO (BeritaTrans.com) - Zona Bakamla Tengah menerima kunjungan kehormatan dari Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Manado, Kemarin. 

Baca Juga:
Dua Jabatan Direktur Kerja Sama dan Direktur Datin Bakamla RI Diserahterimakan

Kedatangan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Manado Ir. Yusup Patiroy, M.M yang di dampingi Subkoordinator Pengawasan dan Penindakan (Wasdak) drh. Setyawan Pramularsih M.H dan Kepolisian Khusus Karantina (Polsus Karantina) Karantina Suhadi Laoh, disambut hangat oleh Kepala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas. 

Adapun maksud kedatangannya, Yusup Patiroy membeberkan hal ini sebagai perkenalan sekaligus koordinasi dan menindaklanjuti Perjanjian Kerja Sama antara Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia dan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia tentang Pengawasan dan Penindakan Perkarantinaan Pertanian di Wilayah Perairan dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia yang telah di tanda tangani pada tanggal 10 Oktober 2022 di Jakarta. 

Baca Juga:
Bakamla RI Bangun Sistem Pemantauan Maritim Nasional di Kabupaten Bengkalis

Dikatakannya, perlu adanya sharing informasi data terkait pemasukan atau pengeluaran Media Pembawa Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) yang tidak resmi baik sengaja atau tidak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. "Terlebih Bakamla memiliki armada Patroli yang mampu mencegah/menindak kegiatan ilegal Pertanian atau hewan lewat jalur laut,"pungkas Yusup Patiroy. 

Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas menyambut baik atas kunjungan Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Manado. Hanarko Djodi menyebutkan bahwa Zona Bakamla Tengah adalah kepanjangan tangan dari Bakamla Pusat dan sebagai unit teknis di lapangan yang memiliki armada yang siap digerakkan kapanpun. "Apa yang menjadi kebutuhan Balai Karantina Manado, Zona Bakamla Tengah siap membantu dalam hal data maupun unsur patroli", ujar Laksma Bakaa Hanarko Djodi. 

Baca Juga:
Kepala Bakamla RI Gelar Kunjungan Kerja ke Menteri PPN/Kepala Bappenas

Turut mendampingi Kepala Zona Bakamla Tengah, yakni Kepala Pangkalan Bakamla Minahasa Kolonel Bakamla Tatang, CHRMP, Analis  Kebijakan Ahli Madya Kolonel Bakamla Hendarwan Setiawan, S.Pd dan Kepala Bidang Operasi Kolonel Bakamla Tio Togap Pasaribu, S.T.(ahmad)