Mantap, Ada 9 Layanan dan Fasilitas Favorit Penumpang Pesawat di Bandara Angkasa Pura II

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 20/Janu/2023 17:52 WIB
Suasana di Bandara Soekarno-Hatta Suasana di Bandara Soekarno-Hatta

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Mantap, bersamaan dengan libur Natal dan Tahun Baru, akhir dan awal tahun selalu menjadi salah satu periode tersibuk bagi bandara-bandara di dunia tak terkecuali bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

“Angkutan Nataru menjadi periode tersibuk sejak pandemi Covid-19, di mana lalu lintas penerbangan di bandara Angkasa Pura II pada Desember 2022 menjadi yang tertinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya pada tahun lalu. Ini sejalan dengan pemulihan penerbangan yang telah berjalan sejak awal 2022 serta kondisi pandemi yang semakin terkendali, dan didukung kesiapan AP II, maskapai serta stakeholder lainnya,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin, Jumat (20/1/2023). 

Menurutnya, di tengah tingginya penerbangan di bandara pada akhir tahun, AP II mencoba mengetahui keandalan kualitas layanan dan fasilitas bandara dari perspektif penumpang pesawat. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Untuk itu, AP II mengadakan survei di 20 bandara sepanjang angkutan Nataru (19 Desember 2022 - 3 Januari 2023) yang melibatkan 5.103 responden.

Berdasarkan survei, diketahui secara rata-rata indeks kepuasan penumpang pesawat di 20 bandara AP II selama periode angkutan Nataru mencapai 4,60 dari paling tinggi 5. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

"Hasil survei juga memaparkan fasilitas yang dinilai terbaik oleh responden. Berikut daftar layanan dan fasilitas yang masuk dalam lima besar nilai terbaik pilihan responden, diurutkan dari peringkat 5," ungkapnya.

5. Tempat Duduk dan Musholla

Tempat duduk dan Musholla menjadi fasilitas yang disukai di peringkat ke-5 dengan indeks 4,67.

Bandara AP II memerhatikan kenyamanan penumpang pesawat dengan menyediakan tempat duduk terbaik di terminal. Misalnya, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta tersedia sofa dan kursi khusus untuk beristirahat, serta kursi untuk bekerja di area coworking space. 

Keberadaan musholla juga menjadi bagian penting di bandara AP II. Total musholla yang ada di 20 bandara AP II para periode Nataru mencapai 150 musholla. 

4. Suasana Terminal dan Rambu-rambu Bandara

Responden menempatkan Suasana Terminal dan Rambu-rambu Bandara berada di peringkat ke-4 terbaik dengan indeks 4,68.

Pada periode angkutan Nataru, AP II menghadirkan beragam event dan dekorasi tematik di terminal guna menyambut penumpang pesawat. 

Salah satu kegiatan aktivasi yang digelar adalah flash mob yang melibatkan para penumpang pesawat dan pengunjung di Bandara Soekarno-Hatta saat menyambut tahun baru 2023. 

3. Ketersediaan Trolley

Ketersediaan Trolley berada di peringkat ke-3 sebagai fasilitas terfavorit dengan nilai indeks 4,69. 

Total di 20 bandara, AP II menyiapkan sebanyak 11.786 trolley sehingga dapat dipastikan setiap penumpang pasti bisa menggunakan fasilitas trolley untuk membawa barang bawaan. 

2. Kebersihan Terminal, Monitor informasi dan Panggilan Penerbangan

Pada peringkat ke-2 dengan nilai indeks 4,70, responden menempatkan Kebersihan Terminal, Monitor Informasi dan Panggilan Penerbangan sebagai fasilitas terbaik. 

Kebersihan Terminal menjadi salah satu fokus utama guna menjaga kenyamanan penumpang pesawat di bandara-bandara AP II saat periode sibuk. 

"Personel yang bertugas menjaga kebersihan di bandara-bandara AP II diperkuat oleh tenaga profesional berlisensi. AP II juga menjaga higienitas di terminal penumpang guna mencegah penyebaran Covid-19," ujar Director of Commercial & Service AP II M. Rizal Pahlevi. 

Monitor Informasi seperti Flight Information Display System (FIDS) juga dipastikan tersedia di setiap terminal untuk memberikan informasi penerbangan. 

FIDS juga didukung adanya layanan Panggilan Penerbangan untuk setiap penerbangan sehingga memastikan penumpang pesawat terinformasi terkait gate keberangkatan, waktu boarding, dan panggilan terakhir untuk boarding. 

1. Pusat informasi

Pusat Informasi menjadi layanan yang paling dinilai bagus oleh responden dengan indeks (4.73).

Pada periode Nataru AP II menyiagakan personel Customer Service di bandara sebanyak 189 orang, lalu personel Terminal Inspection Service sebanyak 238 orang, personel Digital Service sebanyak 69 orang dan personel Golf Car Assistant sebanyak 48 orang. 

Adapun staf di Bandara Soekarno-Hatta juga berhasil masuk dalam daftar 10 besar Best Staff Airport in Asia versi Skytrax. 

AP II juga memperkenalkan inovasi customer service secara virtual melalui video call. 

Bandara Soekarno-Hatta dan Minangkabau (Padang) pun saat ini memiliki Tourism Activity Center sebagai pusat informasi bagi wisatawan.

Selain lima fasilitas dan layanan tersebut, empat Faslan lainnya mendapat apresiasi dari penumpang pesawat antara lain: Fasilitas Parkir dan Sikap Personel Security (4,65); Kebersihan Toilet dan Nursery Room (4,64); Transportasi Umum (4,59) dan Kecepatan Bagasi (4,56). (omy)