Menhub Tinjau Lokasi untuk Pembangunan Dermaga Wisata dan Bandara VVIP di IKN

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 20/Janu/2023 19:40 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi di kawasan IKN, Kalimantan Timur Menhub Budi Karya Sumadi di kawasan IKN, Kalimantan Timur


BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,  meninjau lokasi  dibangunnya dermaga wisata dan bandara VVIP yang berada di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, Jumat (20/1/2023).

Kunjungan kerja Menhub ke IKN merupakan bagian dari langkah Kemenhub menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di IKN yang menjadi salah satu program prioritas pada tahun 2023. 

Baca Juga:
MTI Multi SCM Gelar Audit Surveillance, Pertahankan Sertifikasi SMAP

Sejumlah infrastruktur transportasi yang akan dibangun di IKN yaitu dermaga wisata, bandara VVIP, dan transportasi ramah lingkungan.

“Hari ini kami bersama-sama meninjau titik dari pelabuhan atau dermaga seperti di dermaga wisata Marina di Labuan Bajo. Ada tiga alternatif lokasi, tetapi kami sudah memutuskan satu lokasinya yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 km dari IKN,” ujar Menhub.

Baca Juga:
ASDP Siap Dukung Kejuaraan Dunia Boat Race F1H2O di Danau Toba

Dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan, akan memudahkan aksesibilitas kedua daerah. 

Ditambah lagi, di lokasi tersebut juga memiliki pemandangan laut yang indah. 

Baca Juga:
Kembali Torehkan Prestasi, IPCC Sabet 3 Penghargaan Sekaligus di OP Awards 2022

"Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, dan area untuk kuliner dan fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan,” ulasnya.
 
Selain meninjau lokasi t
rencana pembangunan dermaga wisata, Menhub juga meninjau lokasi untuk bandara VVIP yang akan digunakan untuk melayani tamu-tamu kenegaraan. 

“Kami melakukan overview dengan helikopter melihat beberapa titik yang menjadi alternatif lokasi bandara VVIP yang juga akan menjadi pangkalan udara TNI AU,” ucap Menhub.
 
Pihaknya kini tengah melakukan koordinasi dengan TNI AU, Kementerian PUPR, dan pihak terkait lainnya untuk menetapkan satu lokasi dari beberapa alternatif lokasi yang diajukan.  

“Untuk dermaga wisata telah kami tentukan titiknya, selanjutnya untuk bandara masih kami kumpulkan data-datanya semoga dalam waktu dekat ini sudah bisa kita tentukan lokasinya,” tutur Menhub.

Turut hadir dalam tinjauan, Anggota DPR Komisi V Dr Irwan dan Dirjen Perhubungan Laut Arif Toha. (omy)