Tol Cisumdawu Bakal Rampung, Bandara Kertajati Majalengka Kembali Layani Penerbangan Komersial

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 21/Janu/2023 22:44 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

MAJALENGKA (BeritaTrans.com) - Seiring Tol Cisumdawu ditargetkan bakal rampung dalam waktu dekat, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) bakal kembali membuka penerbangan komersial.

Rencananya, 12 rute penerbangan perjalanan domestik dicanangkan untuk melayani masyarakat yang hendak bepergian ke sejumlah wilayah di tanah air.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Layani Angleb Setelah Operasi Penuh, Jumlah Penumpang di Puncak Mudik Tembus 2.386

VP Corporate Secretary and General Administration BIJB Kertajati, Dian Nurrahman mengaku, keberadaan Tol Cisumdawu sangat berpengaruh pada Bandara Kertajati.

Karenanya, bila Tol Cisumdawu tuntas sesuai rencana pada Februari 2023, pihak bandara akan kembali membuka 12 rute penerbangan.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Terus Upaya Penambahan Rute Penerbangan

"Rencana itu (membuka penerbangan) tergantung pengoperasian Tol Cisumdawu di bulan Februari," ujar Dian yang dikonfirmasi wartawan, Sabtu (21/1/2023).

Menurut Dian, 12 rute penerbangan tersebut mencakup domestik dan internasional serta menjangkau daerah-daerah favorit di tanah air, seperti Balikpapan dan Bali.

Baca Juga:
Menhub Tinjau Bandara Internasional Jawa Barat, Persiapan Angkutan Lebaran

"InsyaAllah kami akan kembali membuka 12 rute penerbangan domestik dan internasional," ucapnya.

Untuk rute internasional, Bandara Kertajati sendiri sudah menjalin komunikasi dengan Malaysia Airlines juga maskapai lainnya.

Terutama, untuk tujuan Arab Saudi, yakni penerbangan umrah.

Khusus untuk umrah ini, sudah ada maskapai siap terbang.

"Seminggu sekali mengangkut jamaah umrah, rencananya di awal Maret 2023. Sudah ada maskapai yang siap," jelas dia.

Tidak hanya itu, BIJB Kertajati juga menyiapkan penerbangan untuk haji.

Bahkan, dari otoritas Arab Saudi telah melakukan beberapa kali assessment.

"Bahkan waktu itu otoritas Arab Saudi menyatakan siap menerima penerbangan dari BIJB," katanya.

Kembali ke rencana penerbangan domestik, Bandara Kertajati juga sudah menjalin komunikasi dan kesepakatan dengan sejumlah maskapai yang ada di Indonesia, untuk bisa kembali membuka jalur penerbangannya melalui BIJB.

Berkoordinasi dengan Bandara Husein Sastranegara di Bandung dan Soekarno Hatta juga menjadi salah satu upaya perjalanan domestik akan terwujud dilaksanakan di BIJB.

“Yang jelas pihak maskapai sendiri ingin memastikan beroperasinya Cisumdawu, jika sudah beroperasi maka mereka akan siap membuka rute penerbangannya di BIJB," ujarnya.

Target selesainya pengerjaan proyek Tol Cisumdawu dalam waktu dekat sendiri disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono belum lama ini.

Bahkan, meski pelaksana pembangunan meminta penyelesaian selesai pada Maret 2023, Basuki tetap meminta penyelesaian Tol Cisumdawu harus di akhir bulan Februari 2023.(fhm/sumber:tribunjabar)