Di Penghargaan OP Award 2022, Otorritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Masukan 13 Kategori dan Lalui 4 Tahapan, Apa saja ya?

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 26/Janu/2023 19:35 WIB
foto:istimewa foto:istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Otoritas Pelabuhan Utama (OP) Tanjung Priok menggelar acara OP Awards 2022 untuk mengapresiasi terhadap Stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok yang telah dan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepelabuhanan di Pelabuhan Tanjung Priok selama periode tahun 2022.

Baca Juga:
Transformasi Kinerja Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Didukung Penerapan PTOS-M

Acara  OP Awards 2022 dibuka oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan, Ir Arif Toha Tjahjagama DEA. 

Dalam sambutannya, Dirjen Hubla menyampaikan peran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyampaikan apresiasi terhadap Stakeholders Pelabuhan Tanjung Priok yang telah dan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepelabuhanan dan harapannya terhadap Pelabuhan Tanjung Priok.

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Priok Bareng Basarnas Gerak Cepat Ungkap Kesalahan Distress Alert Signal EPIRB dari Kapal MV Big Lilly

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pelabuhan internasional terbesar dan menjadi pelabuhan tersibuk di Indonesia. Selain mengangkut penumpang, Pelabuhan Tanjung Priok juga dipadati dengan kegiatan operasional mulai dari kegiatan ekspor-impor antar negara, bongkar muat barang, maupun aktivitas pengangkut logistik di laut dan darat dimana untuk menunjang produktivitas tersebut diperlukan penataan dan pengawasan. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh pihak yang terkait untuk senantiasa meningkatkan layanan dan kinerja kepelabuhanan yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok,” ujar Dirjen Hubla.

Baca Juga:
Menhub Resmikan Pengoperasian Kapal KM. Dharma Kencana V di Pelabuhan Tanjung Perak

 “OP Awards ini juga sebagai bentuk dan bukti apresiasi kami sebagai Instansi Pemerintah terhadap Perusahaan, Terminal Operator, Stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok yang telah meningkatkan kinerja, meningkatkan layanan digitalisasi kepelabuhanan, meningkatkan upaya-upaya menuju Smart Port, lebih professional dan memiliki daya saing serta berkelas dunia (World Class Port).  Semoga dengan diselenggarakannya acara ini oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dapat memberikan motivasi kepada stakeholders untuk memacu dan meningkatkan pelayanan kepelabuhanan menjadi lebih baik dimasa yang akan datang,” ungkap Mantan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

Pada kesempatan sebelumnya Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama (Ka OP) Tanjung Priok, Ir Subagiyo MT menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya acara OP Awards ini.  Beliau juga menyampaikan kategori-kategori yang terdapat pada OP Awards 2022.

“Maksud kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan Acara OP Awards  2022 dan memberikan apresiasi, dukungan serta motivasi kepada Stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok. Acara ini diharapkan dapat memberikan motivasi atau memacu dalam meningkatkan kinerja dan produktifitas pelayanan kepada pengguna jasa dibidang transportasi laut”, papar Subagiyo.

“Ada 4 (empat) tahapan yang kami lakukan dalam kegiatan OP Awards ini antara lain Pengumpulan dokumen terkait, Peninjauan Lapangan (visitasi) untuk masing-masing kategori, Penilaian, Rapat Pembahasan Nominasi dan Penerima Penghargaan,” tambah Kepala OP.

“Penghargaan OP Awards 2022 terdiri dari 13 (tiga belas) Kategori yaitu Terminal Operator dengan Kontributor PNBP Terbaik, Terminal Operator Dengan Tingkat Pencapaian Zero Accident, Terminal umum dalam mendukung Green Port, TUKS dalam mendukung Green Port, Terminal terinovatif dalam Green Port, Terminal Operator dalam mendukung Program Digitalisasi Layanan, Perusahaan Bongkar Muat Terbaik dalam Administrasi dan Pelaporan, Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) Terbaik dalam Administrasi dan Pelaporan, Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Terproduktif dan Safe Performance, Terminal Operator dengan Kinerja Terbaik, Perusahaan Truk Terbaik Dalam Penerapan STID, Terminal Dalam Mendukung Kampanye Anti Korupsi, Pelaku Usaha dalam mendukung program BPJS Ketenagakerjaan,” pungkas Subagiyo.

Acara tersebut dihadiri oleh Para Kepala Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) di wilayah kerja Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kepala Instansi Pemerintah, Ketua Asosiasi dan Stakeholders di lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.(ahmad)