Angkasa Pura I dan Jeju Air Sepakat Kembangkan Konektivitas Korea-Indonesia

  • Oleh : Naomy

Selasa, 31/Janu/2023 16:47 WIB
AP I dan Jeju Air AP I dan Jeju Air

 

KOREA SELATAN (BeritaTrans.com) –  Menutup Januari 2023, Angkasa Pura I memulai kerja sama dengan maskapai penerbangan asal Korea Selatan, Jeju Air. 

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, ini menjadi langkah awal kerja sama kedua pihak untuk berkolaborasi memperkuat ketersediaan maskapai penerbangan dan konektivitas berbagai destinasi wisata seperti Bali, agar terhubung dengan pasar wisatawan Korea Selatan (Korsel) serta membuka potensi konektivitas pariwisata di Batam. 

Kolaborasi ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Angkasa Pura I dengan Jeju Air tentang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Pembukaan Rute Penerbangan Strategis yang dilakukan di Jeju Air Seoul Branch 3F, Aviation Services Center 3F, Seoul, Korsel, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Kerja sama ini memiliki jangka waktu satu tahun berlaku sejak ditandatangani. 

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Dendi T. Danianto dan Direktur Divisi Komersial Jeju Air Kyungpyo Ko dengan disaksikan oleh Koordinator Ekonomi, Investasi, dan Perdagangan Kedutaan Besar Indonesia untuk Korea Selatan Puji Basuki dan First Secretary Departemen Ekonomi Kedutaan Besar Indonesia untuk Korea Selatan Sita Nurfitriani. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Angkutan Lebaran

Kemudian, dari pihak Angkasa Pura I turut menyaksikan Komisaris Angkasa Pura I Irfan Wahid dan Danang Parikesit, Wakil Direktur InJourney Edwin Hidayat Abdullah, dan Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi. 

Disaksikan juga oleh perwakilan dari Jeju Air yakni CEO Kim E-Bae, Director of Management Support Division Kyunghoon Song, Director of Commercial Strategy Kyungwon Kim, dan Team Leader of External Affairs Daewoo Lee. 

"Kerja sama yang terjalin antara Angkasa Pura I dan Jeju Air sangat strategis, yang meliputi pertukaran data dan informasi terkait pariwisata, pemasaran bersama, saling mendukung aktivitas dengan regulator dan stakeholder terkait, serta kerja sama untuk hal yang dapat mendukung realisasi operasional penerbangan," ujarnya. 

Pihaknya menyambut positif kolaborasi bersama Jeju Air. Dengan terbukanya rute penerbangan dari Korea Selatan menuju Indonesia, dapat menjadi upaya untuk mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kedua negara agar semakin meningkat.

Direktur Komersial dan Pelayanan Angkasa Pura I Dendi T. Daniarto mengatakan kolaborasi kuat antara Angkasa Pura I dengan Jeju Air ini diyakini dapat meningkatkan aktivitas transportasi udara untuk penumpang dan kargo sekaligus pengembangan konektivitas pariwisata Indonesia dan Korea Selatan.

Di mana destinasi potensial yakni Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Batam melalui Bandara Hang Nadim yang dikelola PT Bandara Internasional Batam, konsorsium yang dibentuk Angkasa Pura I, Incheon International Airport Corporation, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. 

“Kami berharap dapat membantu percepatan recovery iklim pariwisata Indonesia yang terkena imbas pandemi selama dua tahun ketika kondisi pembatasan perjalanan internasional akibat Covid-19,” ujar Dendi. 

Melalui kerja sama ini, dia juga berharap dapat membuka kesempatan lebih luas lagi untuk rute-rute penerbangan dari Korsel maupun negara-negara lainnya menuju bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura I. (omy)