ASDP Relokasi KMP Jatra II dari Lintas Merak-Bakauheni, Perkuat Lintas LDF Ketapang-Lembar

  • Oleh : Naomy

Kamis, 02/Feb/2023 18:14 WIB
KMP Jatra II KMP Jatra II

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) merelokasi salah satu armada KMP Jatra II untuk memperkuat layanan angkutan logistik di lintas penyeberangan jarak jauh (long distance ferry/LDF) dengan rute Ketapang Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi - Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan pemindahan operasi KMP Jatra II, yang beroperasi di lintasan tersibuk Merak - Bakauheni tersebut merupakan kontribusi ASDP dalam upaya mendukung program pemerintah dalam menekan biaya logistik nasional. 

Baca Juga:
ASDP Sediakan 3 Rute Mudik Asyik Bersama BUMN

"Kami merelokasi KMP Jatra II untuk melayani lintas jarak jauh (LDF) Ketapang-Lembar yang diharapkan menjadi alternatif bagi pengguna jasa logistik sekaligus menekan biaya tinggi angkutan logistik di Indonesia," katanya.

Pada 2018, biaya logistik Indonesia tercatat mencapai 23,5% dari produk domestik bruto (PDB). 

Baca Juga:
ASDP Apresiasi Penertiban Praktik Percaloan di Pelabuhan Merak oleh Satreskrim Polres Cilegon

Namun, berkat upaya-upaya yang dilakukan pemerintah melalui pembangunan infrastruktur konektivitas, biaya logistik Indonesia saat ini sudah turun menjadi 22% dari PDB. 

Ke depan, pemerintah telah menargetkan penurunan biaya logistik hingga 17% dari PDB pada 2024.

Baca Juga:
Menhub Pesan Agar ASDP Prioritaskan Layanan dengan Kapal Berkapasitas Besar

Sejauh ini, lintas LDF Ketapang-Lembar didominasi angkutan logistik dengan perbandingan angkutan logistik 85 persen dan angkutan penumpang maupun kendaraan pribadi 15 persen.

Shelvy menambahkan, kehadiran layanan LDF lintas Ketapang-Lembar juga akan mengurangi kemacetan dan beban jalan akibat volume kendaraan yang besar serta dimensi dan volume muatan kendaraan yang menyalahi ketentuan atau over dimension over load (ODOL) di antara dua wilayah tersebut.

"Dengan demikian, kami juga turut mengurangi tingkat polusi udara dari emisi gas buang angkutan jalan. Selain itu, layanan lintas LDF juga akan mendorong pertumbuhan sektor lainnya seperti industri dan perdagangan, sehingga memberikan dampak berantai (multiplier effect), yang positif khususnya di dua titik penyeberangan, sekaligus secara nasional," imbuh dia.

KMP Jatra II memiliki bobot 3.902 gross tonnage (GT) dengan panjang kapal seluruhnya 90,79 meter, lebar 15,6 meter, dan dalam 5 meter. 

Kapal ferry tersebut mampu mengangkut penumpang sebanyak 200 orang dan mobil atau truk sebanyak 100 unit.

Pengoperasian LDF lintas Ketapang-Lembar ini diharapkan dapat mendukung pembangunan daerah sekitar Ketapang dan Lembar dengan memunculkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru serta mendukung pembangunan nasional secara keseluruhan.

Dalam satu minggu terdapat kurang lebih 28 kali pelayaran dengan jumlah kapal yang beroperasi sebanyak tujuh kapal yaitu KMP Swarna Cakra milik PT Jembatan Nusantara,  KMP Jatra II milik PT ASDP, KMP Parama Kalyani milik PT Jemla dan KMP Trimas Laila milik PT Trisakti Lautan Mas, KMP Tunu Pratama Jaya 5888 milik PT Raputera, KMP Jambo X milik PT Duta Bahari Menara Line, KMP Dharma Kencana IX milik PT Dharma Lautan Utama.

Adapun rata-rata satu kapal dapat memuat 20 truk. Sementara untuk waktu pelayaran lintas Ketapang – Lembar selama 12 Jam, dengan durasi waktu pelayanan bongkar muat selama enam jam. 

Sebelumnya, melalui anak perusahaan, PT Jembatan Nusantara, ASDP juga melakukan penguatan lintas LDF di sejumlah rute. 

Saat ini, Jembatan Nusantara mengoperasikan dua rute LDF. Pertama, lintas Balikpapan-Pare Pare, yang dilayani dengan Kapal Motor (KM) Madani Nusantara. Lintas ini berjarak 252 mil dengan waktu tempuh selama 23 jam.

Kedua, lintas Surabaya-Labuan Bajo dengan menggunakan KM Swarna Bahtera. Jarak yang ditempuh sepanjang 462 mil dengan waktu selama 38 jam.

"Dalam waktu dekat, Jembatan Nusantara juga akan mengoperasikan lintas Surabaya-Ende dengan menggunakan KM Mahkota Nusantara. Rute Surabaya-Ende berjarak 575 mil yang ditempuh selama 58 jam," kata Shelvy.

Total jumlah lintasan ASDP saat ini sebanyak 311, yang mana 70 persen adalah lintasan perintis. Demi mendukung keberlanjutan pelayanan, maka ASDP memastikan keseimbangan layanan baik lintasan perintis maupun komersial. (omy)