Pangkostrad: Lindungi Papua dalam Bingkai NKRI, Bantu Kesulitan Rakyat

  • Oleh : Dirham

Jum'at, 03/Feb/2023 16:35 WIB
Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak mengunjungi Yonif MR 411/Pandawa Kostrad dan memberikan pengarahan kepada prajurit yang akan dinas di Papua.  Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak mengunjungi Yonif MR 411/Pandawa Kostrad dan memberikan pengarahan kepada prajurit yang akan dinas di Papua. 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak mengunjungi markas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad. Letjen Maruli memberikan pengarahan kepada prajurit yang akan dinas di Papua.

Dalam arahannya Letjen Maruli menyampaikan kepercayaan yang diamanahkan dari Komando Atas harus didukung. Dia juga meminta personel berkomitmen melaksanakan tugas mulia ini sebaik mungkin.

"Aplikasikan sebaik-baiknya kegiatan latihan satuan yang telah dilaksanakan selama ini sebagai bekal yang sangat berharga dihadapkan dengan medan operasi yang sebenarnya dan senantiasa memelihara moril dan semangat serta kesiapsiagaan satuan sebagai wujud profesionalisme keprajuritan," kata Letjen Maruli seperti dilihat detikcom, Jumat (3/2/2023).

Kunjungan kerja Pangkostrad ke Mako Yonif MR 411/Pandawa Kostrad di Jalan Veteran Nomor 1 Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), itu dilakukan pada Jumat (27/1).

Letjen Maruli meminta para prajurit menjaga nama baik Kostrad dan melindungi Papua. Dia juga berpesan agar para prajurit membantu masyarakat Papua.

"Selalu jaga nama baik dan kehormatan satuan dengan selalu berbuat dan bertindak yang terbaik untuk melindungi Papua dalam bingkai NKRI. Membantu kesulitan rakyat jangan sekali-kali menyakiti hati rakyat, rebut hati dan simpati mereka," katanya.

"Utamakan faktor keamanan, kembangkan disiplin dan naluri tempur prajurit, jangan terlena selalu waspada, dan hindari terjadinya benturan yang dapat menimbulkan kerugian satuan," tambahnya.

Dalam kunjungan itu, Pangkostrad didampingi Danbrigif MR 6 Kostrad Kolonel Inf Andrian Siregar. Kedatangan Pangkostrad diawali dengan penerimaan jajar kehormatan oleh Dinas Jaga Keamanan dilanjutkan penyambutan oleh Danyonif MR 411/Pandawa Kostrad Letkol Inf Subandi dan para perwira staf serta lorong prajurit oleh seluruh Prajurit Yonif MR 411/Pandawa Kostrad.

Kegiatan dilanjutkan menerima paparan Kesiapan Satgas Yonif MR 411/Pandawa Kostrad oleh Danyonif MR 411/Pandawa Kostrad di Ruang Yudha Mayonif MR 411/Pandawa Kostrad.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Yonif MR 411/Pandawa Kostrad, @mekanisraider411kostrad, penugasan ke Papua sebagai Satgas Mobile akan dilakukan pada pertengahan tahun 2023.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selain latihan tempur, Yonif MR 411/Pandawa Kostrad memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di daerah latihan tepatnya di Kelurahan Kemuning, Kecamatan Angargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (29/11/2022).

"Saya perintahkan setiap Pos Satgas untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di sekitar daerah latihan," kata Danyonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Letkol Inf Subandi di Pos Komando Taktis (Kotis) Mbua, seperti dilansir situs TNI.

Dia mengatakan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat itu dilakukan jajaran Pos Satgas yakni Pos Dal yang dipimpin Lettu Inf Marco Budi Gunawan. Pemeriksaan kesehatan masyarakat itu sekaligus sebagai kegiatan komunikasi sosial prajurit Satgas dengan warga.

Menurutnya, selain bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di daerah latihan, kegiatan sosial itu sebagai bentuk kedekatan prajurit TNI kepada masyarakat.

Dia mengatakan kehadiran prajurit Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad di Papua nanti tidak hanya bertugas menjaga kedaulatan NKRI. Mereka juga berkomitmen membina teritorial serta menjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan serta menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat.

"Kami selalu berupaya untuk hadir di tengah masyarakat untuk mengatasi dan meringankan beban masyarakat," ucapnya. (ds/sumber Detik.com)