Hong Kong Sediakan 500.000 Tiket Pesawat Gratis untuk Wisatawan Asing, Mau?

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 04/Feb/2023 05:54 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Hong Kong kembali membuka wilayahnya untuk wisatawan mancanegara. Badan Pariwisata Hong Kong kini mempromosikan kampanye Hello Hong Kong dan menawarkan 500.000 tiket pesawat gratis.

Dilansir CNBC, tiket pesawat akan dibagikan selama enam bulan ke depan, terhitung mulai Maret. Tiket diberikan lewat tiga maskapai, yaitu Cathay Pacific, HK Express, dan Hong Kong Airlines.

'Giveway' ini merupakan bagian dari dari paket bantuan dari pemerintah kepada maskapai selama puncak pandemi 2020. Jumlahnya adalah HK$ 2 miliar atau US$ 255 juta, atau Rp 3,7 triliun (kurs Rp 14.900).

Dana HK$ 100 juta disiapkan pemerintah Hong Kong untuk fase awal promosi. Namun menurut direktur eksekutif dewan pariwisata Hong Kong, ada dilema terkait kesiapan infrastruktur untuk mengakomodir lonjakan wisatawan.

"Saya pikir dilema ini, sebenarnya telah kita lihat dari sejumlah destinasi ketika mereka mulai dibuka kembali sekitar setahun terakhir. Sulit untuk mengejar, terutama untuk maskapai penerbangan, bandara, dan bahkan hotel," katanya.

Bagi-bagi tiket pesawat gratis dilakukan secara bertahap, dimulai dari pasar Asia Tenggara lalu diikuti China, Asia Utara, dan ke negara-negara lainnya. Fred Lam, CEO otoritas bandara Hong Kong mengharapkan kampanye tiket gratis memiliki efek berlipat ganda pada jumlah pengunjung.

"Kami berharap mereka yang menerima tiket akan membawa 2-3 lebih banyak teman dan keluarga (ke Hong Kong)," ujarnya.

"Meskipun kami hanya membagikan 500.000 tiket pesawat, kami yakin ini akan mendatangkan lebih dari 1,5 juta turis masuk," tambah Lam.

Jumlah tersebut setara dengan 10% dari total jumlah pengunjung yang ditargetkan datang ke Hong Kong. Adapun cara mendapatkan tiket gratis ini akan tergantung pada otoritas negara masing-masing.

″(Caranya) dapat mencakup undian berhadiah berskala besar, memberikannya melalui skema siapa cepat dia dapat, menawarkan tiket gratis beli satu dapat satu, atau melalui partisipasi lainnya," jelas Lam.(fhm)