Penumpang KRL Diimbau untuk Manfaatkan Kondisi Lengang untuk Kembali ke Tempat Aktivitas Awal Pekan

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 05/Feb/2023 17:07 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter meminta kepada masyarakat agar kembali memulai aktivitas, terutama mengakses KRL untuk bisa memanfaatkan akhir pekan hari ini, Ahad (5/2/2023).

"Melihat selisih penggguna commuterline yang cukup besar antara hari Senin dan hari libur akhir pekan, untuk menghindari kepadatan di stasiun pada Senin (6/2) pagi KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi commuterline yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan ini," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resminya, Ahad (5/2/2023).

Baca Juga:
KAI Commuter: Volume Penumpang KRL Meningkat pada Hari Lebaran ke-2

Menurut Anne, pada Senin (6/2/2023) besok, diprediksi sebanyak 800 ribu penumpang akan menggunakan commuterline.

Dijelaskan Anne, memasuki bulan kedua tahun 2023, KAI Commuter mencatat selama bulan Januari kemarin total volume pengguna sebanyak 22.716.957 orang. "Sedangkan rata-rata volume pengguna khusus hari Senin sebanyak 762.769 orang, dengan volume tertinggi pada Senin 9 Januari 2023 lalu yaitu sebanyak 820.884 orang," lanjutnya.

Baca Juga:
Jelang Malam Takbir, KAI Commuter Operasikan 1.061 Perjalanan KRL Jabodetabek

Angka tersebut dikatakan Anne, lebih tinggi 35% jika dibanding dengan rata-rata volume pengguna pada libur akhir minggu yaitu sebanyak 563.834 orang per hari nya.

Sedangkan, pada Ahad ini, (5/2) hingga pukul 13.00 WIB, sebanyak 236.165 orang yang naik menggunakan commuterline untuk bermobilisasi di akhir pekan. Angka tersebut lebih sedikit jika dibandingkan prediksi awal pekan besok.

Baca Juga:
Penumpang KRL Jabodetabek Capai 1,6 Juta saat Libur Panjang Paskah, KAI Commuter: Imbau Ini Kepada Pengguna!

Saat ini, KAI Commuter mengoperasikan 1.081 perjalanan Commuterline Jabodetabek tiap harinya mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB Persebaran pengguna pada hari kerja juga masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB. 

"KAI Commuter juga mengoperasikan perjalanan commuterline feeder tambahan relasi Manggarai – Angke/Kampung Bandan PP dan Manggarai – Bekasi PP pada jam sibuk pagi dan sore sebanyak 31 perjalanan per hari dengan headway 15-30 menit," terang Anne.

Penumpang di Stasiun Bogor

Selain penambahan perjalanan commuterline feeder mulai Senin, 6 Februari 2023 KAI Commuter mengatur flow pengguna di area Stasiu Bogor. Pengguna yang akan masuk dan keluar dari arah Jl. Mayor Oking dan arah Parkiran harus melalui selasar. Sedangkan dari Jl. Paledang dan Jembatan Merah, masih tetap bisa melalui JPO untuk menuju selasar. "Pengaturan ini dilakukan untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna commuterline di Stasiun Bogor," imbuh Anne.

KAI Commuter juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna dalam menggunakan commuterline untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya. Gunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi Commuterline yang akan dinaiki secara real time. 

"Bagi pengguna yang sedang menunggu perjalanan commuterline di area stasiun, dahulukan pengguna yang akan keluar dan menunggu perjalananya di belakang garis kuning dan selalu memperhatikan celah antara peron dengan Kereta," pungkas Anne.(fhm)