Bedesakan Naik Turun Tangga di Stasiun Manggarai

  • Oleh : Fahmi

Senin, 06/Feb/2023 17:13 WIB
Rangkain di jalur 8 Stasiun Manggarai arah Bekasi/Cikarang telah dinanti penumpang KRL yang sebelumnya transit. Rangkain di jalur 8 Stasiun Manggarai arah Bekasi/Cikarang telah dinanti penumpang KRL yang sebelumnya transit.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Semakin mendekati jam sibuk sore hari, penumpang KRL di tiap stasiun semakin ramai. Salah satunya terlihat di Stasiun Manggarai pada Senin (6/2/2023) sore.

Stasiun Manggarai merupakan stasiun tersibuk karena merupakan stasiun transit untuk pergantian KRL ke berbagai tujuan. KRL yang melintas di sini yaitu lintas Cikarang/Bekasi-Kampung Bandan/Angke dan Bogor/Nambo-Jakarta Kota. 

Baca Juga:
DJKA: Perawatan Eskalator Stasiun Manggarai Rampung, Sudah Bisa Digunakan Penumpang

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id penumpang di stasiun tersebut banyak yang turun dari rangkaian KRL lain yang memulai perjalanan dari stasiun lain. Sementara penumpang yang masuk dari stasiun tersebut tampak lebih sedikit. Stasiun ini juga memberangkatkan Commuter ke arah Bandara Soekarno-Hatta.

Ramainya penumpang terjadi saat rangkaian tiba dan penumpang hendak naik lagi ke rangkaian selanjutnya. Penumpang turun juga tampak ramai sehingga suasana saat KRL tiba tampak berdesakan. Namun, saat rangkaian KRL sudah berangkat, tampak siasana di stasiun lengang. 

Baca Juga:
Atasi Penumpukan Penumpang di Stasiun Manggarai, KAI Bakal Tambah 18 KRL

Akses tangga, eskalator, dan lift di stasiun itu selalu padat saat penumpang KRL tiba. Banyak yang hendak berganti KRL dengan mengakses jalur yang lain yang ada di atas stasiun maupun di bagian bawah. 

Penumpang banyak yang mengeluhkan, ramainya jalur akses tangga, eskalator yang selalu padat dengan desakan penumpang. Belum lagi jika ada eskalator dan lift yang mati. 

Baca Juga:
Insiden Eskalator di Stasiun Manggarai, Ini Kata KAI Commuter

"Gimana ini Manggarai, selalu saja begini. Kasih solusi dong biar enggak padat begini," ujar salah seorang penumpang dikutip dari twitter Senin (6/2/2023).

Beberapa penumpang kerap memposting foto yang menampilkan kepadatan penumpang saat mengakses naik turun tangga di situ. Petugas juga kerap melakukan penyekatan dan pembedaan jalur masuk dan keluar di situ. (Fahmi)