Bayar Tol Tanpa Sentuh Bakal Diuji Coba di 5 Ruas, Mulai dari Bali Mandara

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 07/Feb/2023 18:41 WIB
Gerbang jalan tol. (Ist) Gerbang jalan tol. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan 5 ruas jalan tol yang akan uji coba menerapkan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF).

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian PUPR, Ali Rachmadi, mengatakan perluasan uji coba MLFF akan dilanjutkan setelah proses uji coba di Jalan Tol Bali Mandara berhasil.

Baca Juga:
Tarif Tol Bali Mandara Naik Hari Ini

"Ada beberapa ruas yang rencananya kita siapkan, nanti ada 5 ruas lagi yang kita siapkan. Bertahap dulu, 1 dulu di Bali Mandara," kata ujar Ali saat diskusi bersama Instran tentang Peluang dan Tantangan Implementasi Sistem Bayar Tol Tanpa Henti di Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Ali menuturkan tolak ukur keberhasilan uji coba penerapan transaksi MLFF adalah tidak adanya transaksi yang tidak terbayar oleh pengguna jalan. Di samping itu, keberhasilan ditentukan dengan berjalannya aplikasi Cantas secara sempurna, serta data registrasi kendaraan yang akurat.

Baca Juga:
Tarif Jalan Tol Bali Mandara Segera Naik, Catat Harga Terbarunya!

"Harapannya tahun ini [diperluas], tapi kami pastikan uji cobanya berhasil lebih dulu," ujarnya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit, mengatakan uji coba akan dilakukan secara bertahap. Adapun, selama masa transisi pengguna bisa langsung bertransaksi dengan sistem MLFF menggunakan aplikasi tanpa melewati palang tol. Namun gerbang untuk transaksi nontunai konvensional tetap ada.

Baca Juga:
Rencana Sistem Bayar Tol Tanpa Sentuh MLFF Mulai Beroperasi pada 2027

"Kami mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu di satu ruas tol untuk MLFF, sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik," jelasnya.(Fhm/Amd)