Cuaca Buruk, Kapal Penyeberangan Terombang Ambing dan Sulit Bersandar di Pelabuhan Merak

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 08/Feb/2023 12:05 WIB
Kapal penyeberangan di Merak.(Ist) Kapal penyeberangan di Merak.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten, diterjang cuaca buruk dan menimbulkan potensi keterlambatan proses sandar dan bongkar muat kapal. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak Selasa malam, 07 Februari 2023, sekitar pukul 19.00 WIB.

Informasi adanya cuaca buruk di Pelabuhan Merak sudah diberitahukan ke perusahaan pelayaran yang melayani rute Selat Sunda, agar berhati-hati saat berada di lautan, proses sandar kapal hingga bongkar muatnya.

Baca Juga:
Harga Tiket Kapal Feri Penyeberangan Jepara-Karimunjawa

"Angin mulai kencang sekitar pukul 19.00 WIB dan dari LPS sudah menginfokan langsung ke gedung bundar dan langsung di sampaikan ke grup pelayaran agar berhati-hati," ujar Kepala Posko Siaga SAR Merak, Ferry Krisna, melalui pesan elektroniknya, Selasa (07/02/2023).

Personel Basarnas Banten itu menerangkan bahwa petugas bongkar muat kendaraan dari kapal di setiap dermaga agar lebih berhati-hati saat mengarahkan mobil maupun bus yang akan keluar masuk kapal. Kemudian menggunakan alat penerangan tambahan, karena penerangan terganggu dengan percikan air ombak.

Baca Juga:
Akibat Cuaca Kapal Wisata Tenggelam di Danau, 4 Turis Meninggal

Kemudian, berdasarkan pantauan Basarnas Banten di Pelabuhan Merak, angin di ujung barat Pulau Jawa itu memang bertiup kencang.

"Angin juga di kisaran 26-28 knot. Ketinggian ombak 0,5-1,25m," terangnya.(fhm)

Baca Juga:
Libur Lebaran di NTB, BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Buruk